Foto

Mengabadikan Pesona Kearifan Lokal Desa Sasak Sade di Lombok Tengah

Kamis, 24 Desember 2020 - 18:10 | 248.25k

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAHLombok, NTB memiliki ragam destinasi wisata kelas dunia yang menakjubkan. Tak sekadar pesona alam dan keelokan panorama laut semata. Namun, kearifan lokal masyarakat adat yang masih terjaga memiliki daya pikat tersendiri. Berkunjunglah ke Desa Sasak Sade. Jelajahi kehidupan suku Sasak, suku asli di Lombok.

Desa Sasak Sade terletak di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Hanya berjarak 13 kilometer atau 25 menit perjalanan dengan mobil dari bandara dan 45 menit menuju Kota Mataram serta hanya 10 menit menuju Sirkuit Mandalika MotoGP Indonesia. Lokasinya persis di samping jalan raya aspal nan mulus. 

Desa Sade menampilkan suasana perkampungan pribumi. Bangunan atap rumah warga masih terbuat dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah. Orang Sasak Sade menamakan bangunan itu bale. Berfoto bersama suku asli dengan keramahan nan khas menjadi oleh-oleh tak terlupakan. 

Desa Sasak Sade di Lombok Tengah ini sekaligus melengkapi destinasi wisata kelas dunia sembari menunggu peresmian Sirkuit MotoGP Mandalika pada 2021 mendatang. (*)


Fotografer : Kiagus Firdaus
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES