Foto

Cara Bertahan Rumah Produksi Hamparan Rintik Saat Pandemi

Senin, 27 Juli 2020 - 19:59 | 69.10k

TIMESINDONESIA, MALANG – Perajin kain bermotif, dengan teknik tie dye atau ikat celup, di rumah produksi Hamparan Rintik terus melakukan inovasi di masa pandemi covid-19 kali ini. Mereka berkolaborasi dan terus mengikuti perkembangan era digitalisasi.

Karya-karya yang diproduksinya berbahan dasar pewarna alami. Karena selain menghemat biaya produksi, disaat pendemi covid-19 kali ini hal tersebut juga sebagai bentuk dari kampanye, yang bertujuan mengajak kita semua agar kita tetep melestarikan dan menjaga alam.

Penurun omset yang dialami oleh rumah produksi Hamparan Rintik pada masa pandemi kali ini sampai 50%. Sebelum masa pandemi covid-19 mereka bisa melakukan aktifitas produksi, juga membuat kelas workshop dan pameran. Sedangkan selama pandemi kegiatan worksop pelatihan dan pameran tidak bisa dilakukan.

Selama pandemi covid-19 kali ini rumah produksi Hamparan Rintik mencoba melakukan kolaborasi dengan berbagi pihak dengan menggandeng pelaku ekonomi kreatif khususnya sub sektor fotografi. Serta memasarkannya di pasar digital melalui media sosial untuk memulihkan kondisi seperti sediakala dengan mengalihkan usahanya menjadi jasa persewaan busana dan membuat konten.


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Irfan Anshori
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES