Foto

Balai Materia Medica Fokus Kembangkan Produk Empon-Empon

Senin, 29 Juni 2020 - 17:18 | 118.96k

TIMESINDONESIA, BATU – Balai Materia Medica Kota Batu mengembangkan penanaman dilahan seluas kurang lebih 1 hektar. Lahan yang berada di Kejayan Pasuruan tersebut untuk memenuhi kebutuhan empon-empon di Jawa Timur, dan saat ini dalam proses penyemaian.

Pemilihan tanaman empon-empon bukan tanpa alasan. Karena saat ini ada tren kenaikan permintaan empon-empon, tepatnya pada tiga bulan terakhir sejak bulan Maret 2020. Peningkatan permintaan empon-empon ini mencapai 20 persen. 

Jika dahulu empon-empon dipergunakan untuk tambahan bumbu masak, saat ini banyak yang menggunakan empon-empon sebagai obat herbal. Masyarakat juga mengonsumsi empon-empon untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa Pandemi Virus Covid-19.

Balai Materia Medica selain memproduksi empon-empon yang sudah diolah menjadi serbuk siap saji, lembaga milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang ada di Kota Batu juga menyediakan bibit empon-empon.

Selain empon-empon, Balai Materia Medica memiliki koleksi 500 tanaman obat keluarga yang ditanam di lahan seluas 2,3 hektar di Kota Batu.

Sejak masa Pandemi Covid-19, kunjungan rombongan wisata yang datang dihentikan begitu juga aktivitas magang dan workshop untuk mengantisipasi penularan Virus Covid-19.

Meskipun demikian, Balai Materia Medica tetap membuka pelayanan identifikasi tanaman, pembuatan simplisia tanaman obat keluarga dan pelayanan laboratorium. (*)


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES