Foto

Lapas Perempuan Kelas II A Malang Menggelar Wisuda Ustazah

Rabu, 20 November 2019 - 20:34 | 102.98k

TIMESINDONESIA, MALANG – Lapas Perempuan Klas II A Malang, Rabu (20/11/2019), menggelar wisuda sebanyak 32 warga binaan Lapas Perempuan dengan gelar ustazah. Gawe tersebut merupakan bagian dari proses wisuda, sebagai guru baca Alquran pada metode ummi. 

Para ustazah warga binaan yang diwisuda ini sebelumnya menjalani proses pembelajaran membaca dan pemahaman Alquran yang diberikan oleh Ummi Foundation selama tiga bulan.

Setelah menempuh proses pembelajaran tersebut, ada 53 warga binaan yang mengikuti program ini, selanjutnya dilakukan seleksi yang dan terpilih 32 orang yang berhak menjalani ujian akhir selama tiga hari pada akhir Oktober 2019.

Para ustazah warga binaan yang berjumlah 32 orang tersebut juga dilakukan tes secara umum dan acak oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) Malang, pihak Lapas, hingga perwakilan keluarga warga binaan yang turut hadir.

Para ustadzah warga binaan yang diwisuda ini dilakukan tes baca Alquran lengkap dengan tajwidnya serta menyebutkan macam-macam tajwid yang terdapat dalam Alquran.

Beberapa ustazah warga binaan bahkan diuji hafalan membaca sejumlah surat juz 30 di Alquran.

Ketua Panitia Wisuda Guru Alquran Metode Ummi, ustaz Arga Prasetya menjelaskan, para ustazah warga binaan ini harus melewati proses yang tak mudah guna menyandang gelar guru baca Alquran sekaligus mendalami seluk beluk Alquran.

"Kegiatannya digelar mulai jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga binaan Eni Parwati mengungkapkan rasa syukurnya atas program pendalaman agama, melalui membaca metode ummi dalam membaca Alquran.

"Kami juga bersedia untuk menularkan ilmu membaca Alquran beserta tajwidnya dengan mudah yang didapatnya dari pembelajaran metode Ummi ini kepada sesama warga binaan lainnya," ucapnya.

Di sisi lain Kepala Lapas Perempuan Klas II A Malang Ika Yusanti mengatakan wisuda ustazah ini menjadi akhir dari proses panjang pembelajaran membaca Alquran yang sudah ditempuh warga binaannya. "Hari ini merupakan puncak dari rangkaian belajar agama dan pendalaman Alquran dengan mereka diwisuda," ucapnya. (*)


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

TIMES VLOG

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

30/06/2020 - 20:22

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?
Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil

Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil
Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang

Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang
Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah