Gaya Hidup

Lima Alasan yang Salah saat Memutuskan Menikah

Minggu, 16 September 2018 - 06:17 | 36.55k
Ilustrasi - Alasan memutuskan menikah (FOTO: thinkstockphotos.com)
Ilustrasi - Alasan memutuskan menikah (FOTO: thinkstockphotos.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menikah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Menikah merupakan sebuah keputusan besar dan penuh tanggung jawab. Biasanya alasan memutuskan menikah karena cinta dan telah menemukan sosok yang tepat sebagai pendamping hidup. Namun, tahukah Anda jika ada alasan yang salah saat seseorang memutuskan menikah?

Berikut lima alasan yang salah saat memutuskan untuk menikah.

1. Menikah karena Umur
Umur tidak bisa dijadikan patokan bagi seseorang untuk menikah. Umur juga tidak pernah dapat mementukan apakah seseorang siap atau tidak untuk menikah.

Menurut psikolog klinis dewasa, Sri Juwita Kusumawardhani, tidak semua orang memiliki usia mental yang berjalan sama dengan usia kronologisnya.

2. Sudah Lama Pacaran
Wita mengatakan lamanya waktu berpacaran tidak menentukan kualitas hubungan dari pasangan tersebut.

"Kualitas dan kuantitas hubungan tidak selalu berbanding lurus, bisa jadi berbanding terbalik," kata dia.

3. Ingin Lepas dari Beban Masalah
Banyak orang yang beranggapan bahwa menikah merupakan jalan pintas untuk terlepas dari masalah. Namun, kenyataan tidak demikian.

"Karena menikah tidak pernah jadi jawaban dari masalah. Kalau pasangan tepat tentunya akan meringankan, tapi kalau tidak tepat, pasti akan semakin berat," ujar Wita.

4. Ingin Lari dari Keluarga Asal
Bagi seseorang yang mendapat banyak tuntutan dari keluarga, menganggap bahwa pernikahan menjadi cara agar tidak berurusan dengan orang tua.

5. Pasrah dengan Seseorang yang Kebetulan Ada
Panik saat mantan pacar sudah menikah. Perasaan ini banyak memicu orang untuk segera menikah, yang menyebabkan terburu-buru dalam memilih pasangan.

Jika ini terjadi, mereka cenderung menikah dengan orang yang tidak begitu dikenalnya. Dalam situasi ini, psikolog Wita mengatakan, kebanyakan orang hanya melihat pasangan dari faktor eksternal-nya saja, seperti kemapanan.

Menikah merupakan proses yang penting dalam hidup. Karena itu alasan memutuskan menikah haruslah tepat agar tidak berisiko mengalami konflik di kemudian hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES