Gaya Hidup

5 Alasan Susah Move On dari Mantan, Apa Saja?

Sabtu, 08 September 2018 - 02:35 | 79.38k
Gagal Move On. (FOTO: Gogirl)
Gagal Move On. (FOTO: Gogirl)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Susah move on dari mantan? Anda tidak sendiri. Banyak yang susah bangkit dari patah hati akibat putus cinta. Ada beberapa hal yang membuat move on menjadi sulit. Salah satunya karena sikap yang tidak Anda sadari sebenarnya menolak untuk move on dari hubungan asmara yang dulu. Berikut beberapa alasan Anda susah move on dari mantan, dilansir dari Hello Sehat.

1. Merasa Sangat Terpuruk

Wajar jika merasa sedih setelah putus dari pasangan, tapi membuat perasaan itu jadi berlarut-larut malah bikin Anda tambah sulit move on. Bukannya berpikir logis dan realistis, Anda akan terjebak dalam kesedihan.

Jangan juga membesar-besarkan masalah ini, misalnya meyakinkan diri bahwa Anda tidak akan lupa kenangan dan rasa sakit akibat pisah dengan mantan. Singkirkan pikiran buruk itu dan yakinkan diri bahwa Anda bisa menjalani hari-hari selanjutnya tanpa sang mantan.

2. Menyalahkan Diri Sendiri

Banyak orang yang susah move on dari mantan karena menyalahkan dirinya sendiri, menganggap bahwa dirinya yang membuat hubungan asmara kandas. Jika Anda terus menyalahkan diri sendiri, rasa sakit dan sedih setelah putus dari mantan tak kunjung hilang. Malah akan semakin membuat Anda tertekan, stres, bahkan depresi.

Menyalahkan diri akan masalah yang sudah berlalu tidak akan membuat memperbaiki keadaan Anda saat ini. Jadi, belajarlah menerima bahwa ini memang masalah yang harus Anda hadapi.

3. Menolak Kenyataan Semua Sudah Berakhir

Untuk benar-benar bisa move on, Anda harus mau melepaskan masalah yang lalu sepenuhnya. Memang tidak akan mungkin bisa lupa dan hilang dalam waktu yang singkat, tapi usahakan untuk menerimanya sedikit demi sedikit.

Banyak orang setelah putus cinta masih saja mengharapkan kesempatan untuk balikan dengan mantannya. Ia merasa hubungan asmara belum benar-benar berakhir.

Jika memang sudah berpisah dan keputusan yang sebelumnya sudah diambil dengan mantap, jangan lagi berharap dengan sang mantan. Hal ini hanya akan membuat Anda susah move on, menyiksa diri, bahkan menutup kesempatan untuk menjalin hubungan baru.

4. Merasa Separuh Hidupnya Hilang

Mungkin akan semakin susah move on jika sudah terlalu lama menjalin hubungan. Apalagi jika saat masih bersama, hampir setiap hari bertemu. Sekarang setelah putus, Anda akan merasa ada yang berbeda dan hilang dari rutinitas Anda.

Pikirkan hal yang positif dan hilangkan prasangka yang akan membuat Anda semakin nelangsa dan menjadi susah move on. Anda bisa melakukan aktivitas yang baru lainnya dan tidak memikirkan hal-hal yang bersangkutan dengan mantan Anda dan membuat Anda susah melupakannya.

5. Tidak Bisa Menerima Masukan Orang Lain

Bagi sebagian orang, bercerita dengan orang terdekat adalah cara pulih dari rasa sakit akibat perpisahan. Anda biasanya memilih untuk membagi rasa sakit ini pada teman Anda untuk melegakan perasaan dan pikiran Anda.

Teman bisa menjadi pendengar yang baik, menyediakan bahu untuk Anda menangis saat putus cinta. Namun, cepat atau lambat, seorang teman juga mungkin akan mengatakan hal-hal yang tidak ingin Anda dengar. Misalnya meminta Anda untuk tidak susah move on dan memberikan kritikan tentang kesalahan Anda di hubungan asmara yang sudah kandas itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES