Peristiwa Daerah

Daerah Tambang Jadi Pasar Empuk Pengedar Zenith

Jumat, 24 Februari 2017 - 18:25 | 57.09k
ILUSTRASI: Pil Zenit (Foto: antara)
ILUSTRASI: Pil Zenit (Foto: antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penangkapan para bandar dan pengedar pil Zenith (pil Jin) ternyata belum mampu memberantas peredaran Zenith. Pil ini malah marak dan beredar makin kencang di beberapa kota di Kalimantan Selatan. 

Banyaknya tambang juga perkebunan juga menjadi alasan pengedar beraksi di wilayah ini. Beberapa pegawai tambang di Kotabaru juga pernah disangka kan karena ada yang menggunakan dan memakai pil zenith ini. 

BACA JUGA: Setahun Tercatat 1,5 Juta Butir Beredar, Dextro Jadi Campuran

Di tambang emas yang marak di wilayah ini juga marak peredaran Zenith.Tak hanya di kota, beberapa pengedar juga beraksi di desa-desa dan menggerus generasi muda yang duduk di SMP juga SMA. 

BACA JUGA: Harga Murah, Efek Samping Sama dengan Narkoba

Beberapa kali Polsek-Polsek di wilayah Polres Kotabaru juga menangkap di sekitar Kecamatan Pulau Laut Barat, Pulau Laut Utara, dan Pulau  Laut Utara.  Sebagai bukti, hampir setiap hari polisi menangkap pelaku pengedar pil jin itu.

BACA JUGA: Pengedar: Jual Zenith Lebih Menguntungkan

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana mengatakan, pihaknya terus melakukan operasi. Anjar juga meminta keaktifan masyarakat untuk melapor bila melihat peredaran pil Zenith ini. Termasuk yang di pelosok .”Laporkan ke polsek dekat, karena dampak akan mengenai keluarganya kelak,” ujar Anjar.    

Di tempat terpisah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang beberapa waktu lalu ke Banjarmasin mengatakan, seluruh pihak harus menyikapi peredaran zenith secara serius dan cepat. Perang peredaran pil jin dan obat daftar G lainnya tidak bisa hanya dibebankan pada aparat penegak hukum saja. “Semua pihak harus terlibat, mulai dari masyarakat, ulama, tokoh agama juga tenaga pendidik,” ujarnya. (habis/*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES