Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Berita Penyebab Kematian Amien Rais

Selasa, 22 Juni 2021 - 18:55 | 82.35k
video berita tentang penyebab kematian Amien Rais beredar di Facebook.
video berita tentang penyebab kematian Amien Rais beredar di Facebook.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video berita yang diberi narasi penyebab kematian Amien Rais. Video tersebut beredar di media sosial Facebook, diunggah oleh akun Indonesia Trendinh News pada 1 Juni 2021 pukul 17.13 WIB.

Video tersebut berdurasi 8 menit 19 detik. Berikut narasi yang disematkan pada video tersebut:

Berita Terkini Meng3jutk4n. Penyebab K3m4ti4n Amien Rais Tak Di Duga Ternyata Karna Ini

Pantauan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, hingga Selasa (22/6/2021) pukul 15.00 WIN, video tersebut telah mendapat lebih dari 3100 komentar, ditonton sebanyak 907 ribu kali, dibagikan lebih dari 466 kai, dan mendapat respons like sebanyak lebih dari 7300 kali.

cek fakta Amien Rais 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang disertai narasi tentang penyebab kematian Amien Rais merupakan informasi yang salah.

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta, video tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan penyebab kematian Amien Rais. Narasi hanya berisi potongan-potongan video pernyataan Amien Rais dan beberapa tokoh atau pejabat yang merespons Amien Rais.

Melalui mesin pencari ditemukan adanya video serupa yang berkaitan dengan klaim Amien Rais meninggal. Video tersebut beredar di Youtube dengan judul “INNALILLAH !! ALI NGABALIN KEWATIR PAK TUA INI W4F4T SEBELUM PEMILU”. Video tersebut diunggah oleh channel Pena Istana pada 23 Mei 2021. 

Mengutip turnbackhoax.id, dalam halaman sampul video tersebut terdapat foto jenazah yang telah dibalut kain kafan dan dikelilingi para pelayat. Narasi di halaman sampul tersebut berisi “Kabar Duka Innalilahi Wainnalihi Raji’un Akibat Selalu Menjelekan Jokowi Amien Rais Jadi Begini”.

cek fakta Amien Rais 3Sumber: [SALAH] “Penyebab Kematian Amien Rais” | Turnbackhoax

Terkait dengan keberadaan Amien Rais, dilansir dari sindonews.com, ia masih memberikan pernyataan ke publik pada 26 Mei 2021 atau tiga hari setelah video Youtube tersebut diunggah.

Saat itu, Ketua Majelis Syura Partai Ummat itu mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat gerhana. Menurut Amien Rais, salat gerhana merupakan sebuah sunah muakadah, sunah yang sangat dianjurkan. Amien Rais menyampaikan imbauan tersebut melalui Channel YouTube Amien Rais Official, Rabu (26/5/2021).

cek fakta Amien Rais 4Sumber: Amien Rais dan Ketum Partai Ummat Imbau Umat Islam Salat Gerhana | SINDONEWS

Data dari TIMES Indonesia, pada 29 April 2021 lalu, Amien Rais telah resmi mendeklarasikan bPartai Ummat di Yogyakarta. Deklarasi yang dihadiri 99 pendiri Partai Ummat dari 34 provinsi tersebut dipimpin langsung oleh Amien Rais.

cek fakta Amien Rais 5Sumber: Dari Yogyakarta, Amien Rais Resmi Deklarasi Partai Ummat | TIMES Indonesia

Pemeriksaan fakta atas klaim tersebut telah dilakukan Mafindo, jaringan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia. Mafindo menyatakan hingga saat ini, tidak ada informasi valid dan kredibel terkait klaim yang sudah beredar tersebut.

Sumber:

[SALAH] “Penyebab Kematian Amien Rais” | Turnbackhoax

Sampai penelusuran ini dilakukan,  Amien Rais masih hidup, dan tidak ditemukan adanya informasi resmi yang mencantumkan ia meninggal dunia.

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video berita yang diberi narasi penyebab kematian Amien Rais merupakan informasi yang salah.  Tidak ada informasi resmi atau valid terkait klaim meninggalnya Amien Rais.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori Misleading Content (Konten Menyesatkan).

Misleading Content terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES