Pemerintahan

Pusat Bolehkan Mudik, Ridwan Kamil: Asal Disiplin Prokes Diterapkan

Kamis, 18 Maret 2021 - 09:57 | 23.46k
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (FOTO: Humas Jabar for TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (FOTO: Humas Jabar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pada dasarnya saat ini aktivitas apapun diperbolehkan selama disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dikatakan gubernur menanggapi pemerintah pusat memutuskan membolehkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini.

Namun, tukas Ridwan Kamil, tetap akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang kini sedang disusun oleh Satgas Covid-19. "Pada dasarnya apapun sekarang boleh asal 3M," ucapnya di Gedung Sate, Rabu (17/3/21).

Menurut Gubernur Jabar, ada perbedaan kondisi terkait penanganan Covid-19 antara tahun 2021 ini dengan tahun lalu. Kelebihan tahun ini pemerintah memiliki teknologi pengetesan antigen yang tidak ada di tahun 2020. Sehingga pengetesan bisa dilakukan dengan cepat baik dalam perjalanan maupun di tempat tujuan. Stok Antigen hingga PCR saat ini masih melimpah.

BACA JUGA : Ridwan Kamil: Desa Zona Merah di Jabar Turun Drastis

"Kelebihan tahun 2021 dibanding tahun 2020 ada dua yaitu kita punya teknologi antigen yang melimpah untuk pengetesan di jalan. Dulu kan tidak ada, PCR juga melimpah," tuturnya.

Kelebihan kedua yaitu vaksinasi sudah gencar dilakukan di berbagai daerah. “Vaksinasi sudah gencar hingga berjuta-juta orang sudah divaksin. Dua peristiwa ini tidak terjadi di 2020," kata gubernur.

Untuk itu Ridwan tidak mempermasalahkan silaturahim mudik Lebaran dilakukan tahun ini dengan catatan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menghindari potensi penularan.

"Jadi saya tidak masalah silaturahim mudik dibolehkan asal saat ketemu di kampung dan diperjalanan hindari potensi penularan dengan disiplin prokes," ujar Ridwan Kamil(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES