Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Pakde Karwo Mantan Gubernur Jatim Meninggal Dunia

Jumat, 05 Maret 2021 - 11:33 | 125.34k
Informasi Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim meninggal dunia tersebar melalui WhatsApps. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Informasi Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim meninggal dunia tersebar melalui WhatsApps. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi tentang Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim meninggal dunia tersebar melalui media sosial, WhatsApps. Pesan berantai tersebut beredar Jumat (5/3/2021) pagi. 

Berikut isi pesan Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim yang beredar di WhatsApps"

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi roo'jiuun.., 

Allahummaghfirlahuu warhamhuu wa'afihi wa'fu'anhuu..

Turut berdukacita atas meninggalnya Bpk.  Ir. Soekarwodinoto, CES, ( Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim) semoga Almarhum diampuni salah, khilaf & dosa²nya, diterima seluruh amal ibadahnya & diberi tempat yg terbaik disisi NYA...
Bagi keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran, serta keikhlasan dlm ketentuan NYA

Aamiin³ yaa robbal'aalamiin.. 

Al-Fatihah

cek-fakta-Pakde-Karwo-2.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia terkait informasi Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Informasi tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukungnya.

Penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo telah menanggapi beredarnya kabar hoaks yang menyebutkan bahwa dirinya meninggal dunia. 

Pakde Karwo menyatakan bahwa dirinya dalam kondisi sehat. "Alhamdulillah sehat mas," ungkap Pakde Karwo kepada TIMES Indonesia Jumat (5/3/2021) pagi. 

cek fakta Pakde Karwo 3Sumber: Dikabarkan Meninggal, Pakde Karwo: Alhamdulillah Saya Sehat | TIMES Indonesia

TIMES Indonesia juga melakukan penelusuran lebih lanjut terkait informasi yang beredar di WhatsApp tersebut. Nama Ir. Soekarwodinoto, CES, merupakan nama dari pejabat di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam penelusuran TIMES Indonesia, nama Ir. Soekarwodinoto, CES, mengarah pada nama Ir. R Soekarwodinoto Soekarwodinoto, CES, menjabat Kasubdin Bina Manfaat pada Dinas PU untuk kenaikan pangkat IV A. 

cek-fakta-Pakde-Karwo-6.jpgSumber: putusan_579_pdt.p_2012_pn.blt_20210305.pdf

Tim redaksi juga menemukan bahwa Ir.R Soekarwodinoto Soekarwodinoto, CES merupakan mantan Kepala Dinas Pengairan dan Kepala Bapeda Kabupaten Banyuwangi. Ia meninggal pada Kamis 4 Maret 2021, di Kota Surabaya. 

cek fakta Pakde Karwo 4Sumber: Dinas Pengairan dan Kepala Bapeda Kabupaten Banyuwangi

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan bahwa informasi meninggalnya Ir R Soekarwodinoto tersebar dalam grup Facebook, alumni Fakultas Teknik Sipil UWKS (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). Dalam unggahan salah satu anggotanya, terdapat infomasi yang serupa dengan informasi hoaks yang tersebar.

cek fakta Pakde Karwo 4 5Sumber: Tangkapan layar Facebook

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim meninggal dunia merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim dalam kategori Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES