Peristiwa Daerah

Gunung Api Dempo Dilanda Cuaca Ekstreme, Pendaki Diimbau Waspada

Senin, 30 November 2020 - 15:14 | 27.57k
Petugas Pos Pemantau GAD di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara sedang memantau Sesmograf (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Petugas Pos Pemantau GAD di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara sedang memantau Sesmograf (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Seiring kondisi cuaca ekstreme menyelimuti kawasan puncak Gunung Api Dempo (GAD) dan sekitarnya, Pos Pemantau GAD mengimbau kepada masyarakat, khususnya pecinta alam dan para pendaki untuk meningkatkan kewaspadaan saat melakukan pendakian ke puncak Gunung Api Dempo.

Hal ini diungkapkan Megian Nugraha, Ketua Petugas Pos Pemantau GAD di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, Senin (30/11). “Saat ini kondisi GAD tengah mengalami cuaca dingin disertai angin kencang,” katanya.

Sambung Megian, kondisi cuaca ekstreme tersebut tentunya sangat membahayakan bagi para pendaki. Untuk itu diharapkan berhati-hati saat melakukan aktifitas di kawasan Gunung Api Dempo, jangan sampai dipaksakan, sambil menunggu kondisi cuaca normal.

“Bila dipaksakan akan sangat membahayakan dan akan timbul korban,” terangnya.

Sementara itu sambung Megian, aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo terpantau fluktuatif atau naik turun kegempaan yang terjadi, sedangkan selama sepekan ini aktifitas vulkanik dalam terekam satukali, namun kegempaan tremor dan embusan nihil.

“Sementara ini kondisi Gunung Api Dempo masih status level I aktif normal. Sejak sepekan nihil kegempaan, kemudian seismograf menangkap banyak muncul nois di puncak Dempo sepekan ini, menandakan sedang terjadi angin kencang disertai badai,” terangnya.

Lanjutnya, namun ke depan kondisi kegempaan Gunung Api Dempo belum dapat dipastikan apakah mengalami penurunan atau sebaliknya. “Sebab perubahan alam tidak bisa diprediksi, sedangkan kita hanya sebatas melakukan pemantauan berdasarkan alat yang ada,” puncaknya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES