Peristiwa Daerah

BMKG Juanda: Ada Peningkatan Kecepatan Angin di Jawa Timur

Sabtu, 04 Agustus 2018 - 08:29 | 56.37k
ILUSTRASI: Angin Kencang. (FOTO: duajurai)
ILUSTRASI: Angin Kencang. (FOTO: duajurai)

TIMESINDONESIA, SURABAYABMKG Juanda (BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya) menyatakan, saat ini, berdasar pantauan, terdapat daerah tekanan tinggi di Benua Australia dan tekanan rendah di Samudra Pasifik Barat yang dapat memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin di wilayah Jawa Timur.

Kecepatan angin dapat mencapai 45 kilometer per jam (km/jam) untuk wilayah pesisir utara dan bagian barat, serta peningkatan tinggi gelombang laut di perairan Jawa Timur.

Kepala BMKG Juanda, Mohammad Nurhuda menyampaikan, pada Agustus ini bertiup angin Gending di daerah Pasuruan dan Probolinggo.

Dijelaskan, angin yang bersifat lokal ini terjadi karena adanya perbedaan suhu yang tinggi antara daerah dataran tinggi dan rendah, sehingga memicu pola sirkulasi angin secara lokal.

"Angin lokal ini berhembus dengan kecepatan kencang, bersifat kering serta dingin pada malam hari," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (3/8/2018).

BACA JUGA: BMKG Juanda: Agustus 2018, Puncak Kemarau di Jawa Timur

BMKG Juanda memprakirakan kondisi tersebut masih dapat terjadi antara 3 hingga 7 hari ke depan.

Bagi yang berada di wilayah pesisir Jawa Timur, serta pengguna transportasi laut, BMKG Juanda mengimbau selalu waspada gelombang tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES