Peristiwa Daerah

Bersihkan Brantas dari Sampah, FKBS Batu Bikin ''Saber Sampah'' dan ''Saber Pungli''

Minggu, 03 September 2017 - 15:01 | 83.79k
Ketua Batu Local Guides turun langsung angkat sampah di sungai (Foto: Yeni/ TIMES Indonesia)
Ketua Batu Local Guides turun langsung angkat sampah di sungai (Foto: Yeni/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Forum Kota Batu Sehat (FKBS) makin gencar mengampanyekan kebersihan di Kota Wisata Batu (KWB). Pagi tadi (3/9/2017), forum yang mengkoordinir beberapa  komunitas ini menggelar acara "Saber  Sampah" alias Sapu Bersih Sampah di sekitaran Plaza Batu dan Alun-Alun Kota Batu.

Saber Sampah ini merupakan gerakan yang diikuti berbagai kelompok masyarakat setiap minggu sepanjang tahun di KWB. Diawali di hulu Sungai Brantas, sungai yang menghidupi sedikitnya 17 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Para kru Saber Sampah ini memastikan hulu sungai Brantas bersih dari sampah dan polusi. "Ini juga bisa disebut Saber Pungli alias sapu bersih nyemplung kali," ucap Yeni Rachmawati, salah satu pentolan Batu Local Guide dan FKBS. "Ini juga penting bagi keberlanjutan kehidupan masyarakat Jatim," sambungnya.

SAber-Sampah-2RaOQ3.jpgMembersihkan dinding penguat drainase dari sampah dan air lindi (Foto: Yeni/ TIMES Indonesia)

FKBS juga berharap dengan adanya 55 kelompok berbeda melakukan "Saber Sampah" di sepanjang aliran Sungai Brantas yang melewati kampung/desa masing masing,  maka kegiatan ini berlangsung 55 minggu sepanjang tahun. Harapannya tidak ada lagi diapers, plastik, botol, bahkan kasur yang dibuang di Sungai Brantas.

BACA JUGA: Local Guides Se-Indonesia Ngumpul di Kota Batu

Bambang Afrianto, ketua Batu Local Guides (BLG), sebagai salah satu komunitas yag hadir menyemarakkan kegiatan ini menyatakan bahwa acara ini layak untuk dilakukan berkesinambungan. 

"Kegiatan ini penting sebagai salah satu upaya untuk membangun kepedulian dan kesadaran akan kebersihan daerah aliran sungai Brantas," ujar Bambang.

SAber-Sampah-32CIjk.jpg

Hal senada juga diungkapkan Herman Aga. Ia berharap bahwa kegiatan ini bisa dilakukan di sepanjang sungai-sungai di Kota Batu. "Sungai kita akan menjadi lebih bersih dari sampah dan menjadi destinasi wisata yang keren," ujar Aga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES