Wisata

Local Guides Se-Indonesia Ngumpul di Kota Batu

Jumat, 04 Agustus 2017 - 15:47 | 106.95k
Local guide se-Indonesia saat berada di Coban Talun Kota Batu (Foto Istimewa)
Local guide se-Indonesia saat berada di Coban Talun Kota Batu (Foto Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bertajuk Meet Up Nusantara, local guide se-Indonesia berkumpul di Kota Batu, Jawa Timur, 4 hingga 6 Agustus 2017. Acara yang baru pertama kali digelar ini diadakan oleh Batu Local Guide dan didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu.

Koordinator Humas Batu Local Guide, Susilo Tri Mulyanto menjelaskan, peserta yang hadir berasal dari 33 local guide kabupaten kota di Indonesia adalah yang telah terdaftar (registered) di Google.

"Mereka datang dari berbagai daerah untuk bertemu, berkegiatan serta berbagi pengalaman dalam pertemuan ini," ujar Aiek, sapaan akrabnya, kepada TIMES Indonesia, Jumat (4/8/2017).

Selama berada di Kota Batu, mereka akan melakukan berbagai kegiatan seperti geo walk, photo walk, map and photo editing, food crawl, dan sarasehan. Sejumlah tempat yang dikunjungi diantaranya Omah Munir, kawasan Paralayang, Alun-alun Kota Wisata Batu, dan Balai Kota Among Tani.

Ayik menambahkan, 100-an peserta yang hadir juga akan membahas usulan yang akan dibawa pada Google Summit pada Oktober 2017 mendatang di San Fransisco Amerika Serikat.

Local guide merupakan komunitas komunitas global yang menjelajah secara virtual dan berbasis digital. Keberadaan local guide membantu memberikan informasi bagi pengguna google map.

Kegiatan para relawan (volunteer) yang tergabung dalam local guide ini memetakan lokasi dengan menandai yang berkaitan dengan tempat-tempat wisata, restoran, hotel, pusat perdagangan dan lainnya. Mereka juga memberi ulasan dan komentar atas tempat yang dipetakannya.

"Secara tidak langsung, teman-teman local guide membantu secara online bagaimana bisa mengkesplorasi dunia luar melalui google map," terang pria yang menjabat Kabid Komunikasi Diskominfo Kota Batu ini.

Diharapkan melalui pertemuan ini, selain menjalin komunikasi dan interaksi antar local guide, juga menjadi ajang konsolidasi untuk memberi informasi yang lebih rinci, tepat, dan akurat bagi para pengguna google map.

Hadirnya local guide se-Indonesia ini, kata Aiek, juga bisa semakin mengenalkan Kota Wisata Batu agar semakin mendunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES