Kesehatan

Waspada, Ini 3 Gejala Awal Gagal Ginjal

Kamis, 31 Agustus 2017 - 05:34 | 76.77k
Ggal ginjal. (Foto: Nutrisi Penting/Grafis: TIMES Indonesia)
Ggal ginjal. (Foto: Nutrisi Penting/Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gagal ginjal merupakan kondisi dimana ginjal tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak segera diobati, kondisi ini akan menyebabkan beragam masalah, bahkan bisa menimbulkan beragam komplikasi yang lebih serius. Itu sebabnya, penting untuk mengenali gejala awal gagal ginjal agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Pada umumnya gejala awal gagal ginjal sulit terdeteksi. Penyakit ini dapat dimulai dari gejala yang ringan dan samar-samar. Namun, perlahan tapi pasti penyakit ini akan semakin parah dari waktu ke waktu. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita gagal ginjal telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Berikut ini beberapa gejala awal gagal ginjal yang harus Anda waspadai, dilansir dari Hello Sehat.

BACA JUGA: Ini Cara Efektif Jaga Kesehatan Ginjal

Kencing berdarah
Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel darah dalam tubuh saat menyaring zat sisa dari darah untuk menghasilkan urine (air kencing). Namun bila penyaring ginjal telah rusak, sel darah ini akan “bocor” dan tercampur ke dalam urine. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine juga bisa menjadi indikasi penyakit lainnya. Misalnya infeksi atau batu ginjal.

Kencing berbusa
Gelembung atau busa yang berlebihan dalam urine berarti ada kandungan protein yang tinggi dalam urine. Terutama busa yang bikin Anda harus beberapa kali menyiramnya.

BACA JUGA: Sembelit Mampu Memicu- Risiko Gagal Ginjal

Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengocok telur, karena protein biasa yang ditemukan dalam urine, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan pada telur. Protein ini seharusnya tersaring dan tidak ada dalam kencing Anda. Namun bila terdapat kerusakan pada ginjal, protein ini dapat terdeteksi pada urine dan ketika bereaksi dengan udara akan membentuk busa.

Pembengkakan
Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan kelebihan kadar garam (natrium) yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, tangan, atau wajah. Ini juga disebabkan karena cairan yang berlebih di dalam tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES