Peristiwa Daerah

Bendera 1000 Meter Membentang di Gunung Panderman

Rabu, 16 Agustus 2017 - 14:29 | 45.95k
Komunitas Cansabalas, jajaran Polres Batu, dan beberapa kelompok berdoa bersama di TMP Kota Batu, Rabu (16/8/2017). (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
Komunitas Cansabalas, jajaran Polres Batu, dan beberapa kelompok berdoa bersama di TMP Kota Batu, Rabu (16/8/2017). (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah komunitas yang tergabung dalam Ekspedisi Merah Putih memantapkan langkah kaki menuju Gunung Panderman. Mereka akan membentangkan bendera merah putih berukuran 1.000 meter persegi di gunung berketinggian 2.045 meter, tepat pada HUT ke-72 RI, 17 Agustus 2017.

"(Bendera) akan dibentangkan di Gunung Panderman tepatnya di Ground Merah Putih. Untuk pendakian ke Ground Merah Putih akan melewati Tanjakan Kemerdekaan. Kedua nama lokasi tadi kita yang memberikan nama," ujar Mochamad Riadi dari Komunitas Cansabalas, Rabu (16/8/2017) jelang keberangkatan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Batu.

BACA JUGA: Merah Putih 1.000 Meter Persegi Bakal Berkibar di Panderman

Riadi menjelaskan, jarak tempuh dari tanjakan kemerdekaan ke Ground merah putih kurang lebih 10 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Tim ekspedisi berjalan kaki dengan memanggul bendera merah putih berukuran 25 meter x 40 meter tersebut.

Rencananya, bendera akan dibentangkan pada 17 Agustus 2017 besok. Riadi menambahkan, sudah tahun kelima komunitasnya melakukan pembentangan bendera dan upacara di area Ground Merah Putih. Selain Cansabalas, ekspedisi ini juga diikuti oleh kelompok pecinta alam dari pelajar SMP, SMA, dan universitas.

"Mereka tergerak sendiri untuk bergabung dalam ekspedisi merah putih. Tanpa diajak mereka sudah menawarkan diri, bukan karena paksaan," terangnya. 

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto yang mengawal keberangkatan peserta, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, hal ini menunjukkan kesadaran akan persatuan dan kesatuan Indonesia. Kegiatan yang bermaksud menumbuhkan jiwa nasionalisme ini didukung oleh Polres Batu.

Berjalan dari Alun-alun Kota Wisata Batu, peserta menuju TMP untuk melakukan doa bersama sebelum berangkat. Mereka membentuk formasi lingkaran lalu berdoa dan menyanyikan lagi Bagimu Negeri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES