Peristiwa Daerah HUT Ke 72 RI

Merah Putih 1.000 Meter Persegi Bakal Berkibar di Panderman

Selasa, 15 Agustus 2017 - 21:00 | 173.43k
Bendera merah putih berukuran 1.000 meter persegi yang akan dikibarkan di puncak Gunung Panderman, Kota Batu pada peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
Bendera merah putih berukuran 1.000 meter persegi yang akan dikibarkan di puncak Gunung Panderman, Kota Batu pada peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
FOKUS

HUT Ke 72 RI

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bendera merah putih berukuran 1.000 meter persegi akan dikibarkan di puncak Gunung Panderman, Kota Batu pada peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia. Ekspedisi pengibaran ini juga akan tercatat pada lembaga prestasi Indonesia-dunia.

Ekpedisi pengibaran bendera berukuran 25 meter x 40 meter ini digelar Rabu (16/8/2017) esok, atas kerjasama Polres Batu, Pemkot Batu dan Cansabalas Adventure.

Kapolres AKBP Budi Hermanto SIK MSi menjelaskan, agenda pengibaran bendera menjadi tradisi HUT RI seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, kata dia, baru pada tahun ini Polres Batu memfasilitasinya.

"Kami fasilitasi acara ini untuk memperingati HUT ke 72 RI," ujar Buher, sapaannya kepada awak media, Selasa (15/8/2017) di Mapolres Batu.

Rencananya, tepat pada 17 Agustus bendera akan dikibarkan di puncak gunung berketinggian 2.045 meter ini.

Buher menyampaikan, sebanyak 5 anggota Polres Batu akan berpartisipasi dalam pendakian. "Mereka memang gemar mendaki gunung dan sudah kami lakukan tes kesehatan," tambahnya.

Kapolres-Batu-AKBP-Budi-HermantonBJW1.jpgKapolres Batu AKBP Budi Hermanto memberikan keterangan terkait rencana ekspedisi pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Panderman. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

Menurut rencana, setelah upacara pelepasan, Kapolres Batu akan memimpin kirab bendera sampai dengan titik awal keberangkatan. Diinformasikannya, ada sekitar 200 orang yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dijelaskannya, pendakian akan dimulai pada 16 Agustus 2017. Tepat pada 17 Agustus 2017 akan digelar upacara dan pengibaran bendera. Tim pendakian akan kembali dari Gunung Panderman ke Stadion Brantas pada tanggal 18 Agustus 2017 untuk menerima penghargaan. 

Ekspedisi pengibaran bendera berukuran raksasa ini akan dicatat oleh Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid). "Lembaga ini akan memberikan piagam penghargaan prestasi anak bangsa dalam memperingati HUT RI mengibarkan bendera raksasa," terangnya.

Menurut Buher, event ini mengukuhkan kesadaran bahwa Indonesia merupakan satu kesatuan dengan latar belakang yang majemuk. 

"Bendera kita bendera merah putih. Jangan sampai perbedaan menyulut perpecahan. Kita satu kesatuan dari Aceh sampai Papua," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES