Jum'at, 18 Januari 2019
Pendidikan Dies Natalis ke 54 UB

Social Data Analytics, Laboratorium Data Online UB

Social Data Analytics, Laboratorium Data Online UB Laboratorium Social Data Analytic Fisip Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)
Rabu, 18 Januari 2017 - 15:01

FOKUS BERITA

Dies Natalis Ke 54 UB

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Laboratorium Social Data Analytics FISIP UB, Cleoputri Yusainy, mengatakan laboratorium Social Data Analytics UB akan menjadi sumber informasi yang menghimpun dan menganalisis data secara online.

Laboratorium Social Data Analytics yang baru saja diresmikan Rabu (18/1/2017) itu pun akan menjadi tempat menghimpun data dari interaksional modern.

BACA JUGA:Universitas Brawijaya Resmikan Lab Social Data Analytics

Saat ini, sambung Cleo, perkembangan interaksi sosial telah berlangsung cepat dan masif. Karena itu, para peneiliti kampus juga dituntut untuk mampu melakukan penelitian dan menganalisis fenomena ini dan mempublikasikannnya pada masyarakat.

Cleoputri-YusainySENDAiSeAC.jpgCleoputri Yusainy, Kepala Laboratorium Social Data Analytics Fisip Universitas Brawijaya, Malang Jawa Timur. (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

"Sesuai dengan tugas kampus, kami juga ingin hasil penelitian dari lab ini bisa dipertangungjawabkan untuk kemajuan bangsa," kata Cleo.

Wanita yang juga menjadi dosen Psikologi UB tersebut menjelaskan, prinsip penggunaaan Social Data Analytics ini akan membantu mahasiswa dan dosen untuk menganalisis data yang terpadu. Karenanya laboratorium ini dilengkapi software big data analytics yang akan menghimpun data dan terkoneksi di ruang kelas, sehingga dapat diakses mahasiswa dan dosen.

"Semua data akan tersaji di sini, seperti tweet maps, tren tweet, respons dari tweet, trending topic, dan segala sesuatu interaksi sosial. Ini yang berguna untuk para e-commerce ataupun pembuat kebijakan," terangnya.

Fatkul-AmrisendaCqNJ6.jpgFatkul Amri, Dirut PT. Universal Universal Big Data. (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Selain itu, Cleo juga menyatakan bahwa ke depan laboratorium ini akan dibuka untuk umum. Hal itu sesuai dengan konsep laboratorium pendidikan mandiri, korporasi, dan berkredibilitas.

Semantara, CEO U-Big Data Fatkul Amri menyatakan manfaat adanya Social Data Analytics ini diharapkan mampu menjadi sumber data ataupun informasi yang valid. Pasalnya, hasil data yang dihasilkan dari lab ini dapat menjadi rujukan informasi yang telah teruji.

"Hasil support data ke depannya di FISIP UB ini akan sangat bagus dan bisa digali menjadi  data yang tak hanya sebatas informasi, namun juga data yang teranalisis untuk publik," jelasnya. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Loading...
Registration