Pendidikan Dies Natalis Ke 54 UB

Pertama di Indonesia, Kampus Punya Lab Social Data Analytics

Rabu, 18 Januari 2017 - 14:33 | 211.36k
Prof. Dr. Muhammad Bisri Rektor UB (kiri) didampingi Cleoputri Yusainy, Kepala Laboratorium Social Data Analytic (kanan) pada peresmiannya di Gedung Fisip UB Malang, (18/1/2017). (Foto: Senda H/TIMES Indonesia)
Prof. Dr. Muhammad Bisri Rektor UB (kiri) didampingi Cleoputri Yusainy, Kepala Laboratorium Social Data Analytic (kanan) pada peresmiannya di Gedung Fisip UB Malang, (18/1/2017). (Foto: Senda H/TIMES Indonesia)
FOKUS

Dies Natalis Ke 54 UB

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, meresmikan Laboratorium Terpadu Social Data Analytics yang merupakan laboratorium sosial untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Rabu (18/1/2017).

Rektor UB, Prof Ir M Bisri, MS mengatakan, berdirinya lab ini akan menjadi upaya kampus untuk terus menerus meningkatkan skill mahasiswa. Ia juga menyatakan laboratorium tersebut nanti juga akan menjadi daya saing UB di kancah internasional.

Muhammad-BisricBo6u.jpgProf. Dr. Muhammad Bisri Rektor Universitas Brawijaya mencoba fasilitas Laboratorium Social Data Analytics Fisip UB Malang, Jawa Timur (18/1/2017). (Foto: Senda H/TIMES Indonesia)

"Tahun ini kami memang mencanangkan sebagai tahun labroratorium untuk mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa S1 sampai S3," katanya usai meresmikan Laboratorium Terpadu Social Data Analytics FISIP UB, di Aula Nuswantara.

Bisri menambahkan, laboratorium data ini bisa menjadi sumber data dan informasi tentang berbagai fenomena sosial yang terjadi. Khususnya di media sosial ataupun internet.

"Laboratorium ini akan menjadi sumber informasi yang bisa diakses untuk pengembangan riset-riset yang ada," tambahnya.

Moch-BisriTpFJ.jpgPeresmian ditandai dengan men-tweet akun twitter Laboratorium Social Data Analytic oleh Prof. Dr. Muhammad Bisri Rektor UB di Gedung Nuswantara Fisip UB Malang, Jawa Timur. (Foto: Senda H/TIMES Indonesia)

Di Laboratorium Social Data Analytics ini mahasiswa bisa melakukan beberapa kegiatan. Mulai dari pengambilan data dalam jumlah yang sangat besar atau data mining, pengolahan data atau data processing, dan penyajian hasil analisis secara estetik dan intuitif atau data visualisation ke dalam beragam produk. 

"Lab Social Data Analytics juga nantinya disiapkan agar tidak hanya mandiri secara pendanaan, tapi juga mampu menjadi unit bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan pasar akan pasokan data," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES