Peristiwa Daerah

Kementerian ESDM akan Kembangkan Temuan Naufal

Sabtu, 20 Mei 2017 - 18:21 | 33.52k
Naufal Raziq. (Foto: kabartani)
Naufal Raziq. (Foto: kabartani)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kisah Naufal Raziq, bocah 15 tahun yang berhasil menemukan listrik dari pohon kedondong mencuri perhatian dunia. Pemerintah pun berencana mendanai temuan bocah asal Aceh ini untuk pengembangan riset.

Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan telah mengarahkan, ke depan akan dianggarkan dari kementeriannya untuk pengembangan riset lebih lanjut.

Naufal didampingi ayahnya, Supriaman dan guru pembimbing, Jamaliah telah bertemu langsung dengan Menteri Jonan pada Jumat (19/5/2017) di Kantor Kementerian ESDM Jakarta.

Pada kesempatan itu, Naufal menuturkan kisah penemuan listrik yang berawal dari kesukaannya akan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dia mencoba membuat listrik sederhana dari lempengan tembaga dan logam yang dimasukkan ke dalam kentang yang menghasilkan tegangan.

Dari situ,  dia berpikir memanfaatkan pohon yang mengandung asam untuk menghasilkan energi listrik. "Jadi terpikir, di buah kan mengandung asam. Tentu saja di pohon juga mengandung asam. Tapi pohon apa?" ungkap siswa kelas 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Langsa saat bertatap muka dengan Jonan.

BACA JUGA: Begini Energi Pohon Kedondong Hasil Temuan Naufal

Kepada Naufal, Menteri ESDM berpesan agar tetap fokus dan semangat mengembangkan diri sebagai inventor (penemu), sehingga bisa mengembangkan temuannya lebih lanjut. 

"Apapun penemuannya itu, diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan jangan sampai hanya berfikir untuk kepentingan diri sendiri," ujar Hadi M. Djuraid Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi Publik saat mendampingi Naufal memberikan keterangan pers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES