Pendidikan

Begini Energi Pohon Kedondong Hasil Temuan Naufal

Rabu, 17 Mei 2017 - 16:56 | 131.21k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nama Naufal Raziq, siswa MTsN Langsa, Aceh Timur, menghebohkan dunia pendidikan lewat temuannya. Bocah kelas IX Madrasah Tsanawiyah ini bahkan sempat mau diboyong sejumlah negara karena temuannya yang mengheboh dunia itu. Yakni, inovasi energi listrik dari pohon kedondong.

Kisah Naufal menghebohkan Indonesia sejak ia memaparkan temuannya dalam Pertamina Science Fun Fair 2016, yang digelar di Grand Atrium Kota Kasablanka Jakarta pada 29 Oktober 2016.

Ia menemukan energi listrik alternatif dengan memanfaatkan getah pohon kedondong untuk diubah menjadi tenaga listrik yang aman dan murah serta ramah lingkungan. Inovasi ini cukup mencengangkan karena saat itu Naufal baru berusia 10 tahun.

Keinginan Naufal untuk berinovasi berawal dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diperolehnya di sekolah dasar (SD). Kala itu dia mengetahui bahwa setiap buah-buahan yang mengandung asam tinggi dapat menghasilkan energi listrik. 

“Di situ dijelaskan, buah-buah yang mengandung asam seperti kentang, jeruk dapat menghasilkan energi,” ujarnya.

Dari penjelasan tersebut, bocah yang mendapatkan peringkat kelima di kelas ini tertarik untuk mengalihkan eksperimennya langsung ke pohon tempat buah-buahan tadi tumbuh. Tidak semudah yang dibayangkan karena anak pertama dari Suprinan, 43, ini harus berulang kali gagal saat melakukan eksperimennya.

Akhirnya pada percobaan ke-60 dirinya bersama sang ayah mampu meyakini bahwa pohon kedondong yang memang banyak tumbuh di desanya memiliki energi listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan lampu.

’’Awal eksperimen itu pohon mangga, tapi tidak menghasilkan listrik ternyata. Sampai pada akhirnya saya menemukan pohon kedondong pagar ini yang getahnya (bisa) menjadi listrik,” cerita Naufal. 

Ia sudah bisa membuktikan jika kadar asam yang terkandung dalam pohon kedondong dapat menghasilkan energi listrik. Menurutnya, dari hasil eksperimennya tersebut untuk satu elektroda yang dipasang ke pohon kedondong mampu menghasilkan energi listrik 0,5-1 volt. Satu pohon kedondong ini dapat menghasilkan 0,5 hingga 1 volt listrik, tergantung kondisi cuaca.

Energi sebesar itu mampu menghidupkan dua bola lampu yang menyala sepanjang hari. Jika diaplikasikan langsung, lima buah batang pohon bisa menghidupkan listrik satu rumah dengan kapasitas daya sekira 5 hingga 9 volt. Terlebih jika musim hujan, energi listrik yang dihasilkan semakin banyak.

’’Cuma di desa kan nyala hanya malam hari, siang istilahnya kita charger,” ucapnya kala itu. Dijelaskan Naufal, daya akan semakin bertambah apabila jumlah elektroda diperbanyak dan pohon semakin besar.

Proses pemeliharaannya juga terbilang mudah dan murah karena pohon sebagai sumber daya listrik hanya butuh disiram dan diberi pupuk. “Asal jangan sampai kering (getahnya),” papar bocah yang ingin kuliah di ITB ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES