Peristiwa Daerah

Aksi Kumpulkan Uang, Bupati Lamongan Yakin Jalan Nasional Segera Diperbaiki

Senin, 20 Februari 2017 - 10:42 | 30.68k
Bupati Lamongan Fadeli menemui para pengunjuk rasa Jalan Nasional, di Desa Karanglangit, Kecamatan Turi, Senin (20/2/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli menemui para pengunjuk rasa Jalan Nasional, di Desa Karanglangit, Kecamatan Turi, Senin (20/2/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aksi "sedekah sosial ruwatan jalan nasional" yang digelar masyarakat yang mengatasnamakan "Gerakan Pengguna Jalan Nasional", mendapat perhatian dari Bupati Lamongan, Fadeli. 

"Saya mohon maaf, pengguna jalan hari terganggu perjalanannya. Saudara-saudara kita melakukan tuntutan, permohonan untuk perbaikan jalan. Saya sampaikan simpatinya ke masyarakat yang menggelat aksi," ucapnya, Senin (20/2/2017). 

BACA JUGA: Masyarakat Lamongan Kumpulkan Uang untuk Bangun Jalan Nasional

Fadeli, dengan adanya ratusan massa yang melakukan aksi di Jalan Nasional Lamongan - Babat, tepatnya di Desa Karanglangit, Kecamatan Turi, dan Desa Waru Kulo, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

"Saya yakin pemerintah akan turun tangan untuk melakukan perbaikan," ujarnya. 

NAMA_FILE_GAMBARAksi solidaritas pengumpulan koin membantu perbaikan jalan nasional. (Foto: Ariyanto/TIMES Indonesia)

Apalagi, menurutnya, tak hanya jalan nasional yang melintang di Lamongan-Babat saja yang mengalami kerusakan, tapi kerusakan juga terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura) tepatnya di Jalan Daendles.

"Prospek pereknomian di Lamongan jadi terganggu.Perekonomian nyaris lumpuh, karena terganggu perjalanan kendaraan besar," kata dia menyambung. 

Lebih lanjut, Ia menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan tidak memiliki hak dan kewenangan untuk melakukan perbaikan jalan nasional yang melintasi Lamongan. 

"Perlu kami sampaikan ke semuanya, jalan yang kita lalui ini jalan nasional, jalan ini menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten tidak memiliki hak untuk melakukan perbaikan jalan nasional," tuturnya. 

NAMA_FILE_GAMBARAksi solidaritas pengumpulan koin membantu perbaikan jalan nasional. (Foto: Ariyanto/TIMES Indonesia)

Untuk perbaikan jalan nasional, tambah Fadeli, Pemkab Lamongan sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Pusat untuk segera melakukan perbaikan. "Kita sudah koordinasi, di regional dan nasional, segera di lakukan perbaikan," ucapnya. 

Sebab, apabila tidak segera diperbaiki, maka jalan yang berlubang akan semakin banyak menimbulkan korban kecelakaan. "Agar tidak terjadi kecelakaan terus menerus. Dalam 2 minggu terakhir sudah 6 kali kecelakaan di jalan nasional," ujarnya. 

NAMA_FILE_GAMBARIlustrasi kecelakaan. (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

Merespon pernyataan Bupati Lamongan Fadeli, Korlap aksi Gerakan Pengguna Jalan Nasional, menyatakan tidak membutuhkan janji. "Jalan harus segera diperbaiki, kami tidak butuh janji," ucapnya dengan lantang. 

Apabila tidak ada perbaikan dalam waktu dekat, Ia mengancam akan kembali turun ke jalan. "Kalau 2 minggu tidak diperbaiki kami akan tuntut ke pusat," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES