Peristiwa Daerah Teknologi Pertanian Indonesia

Ketua STPP Malang Ajak HIMAPPI Gaungkan Kembali Nama STPP

Senin, 21 November 2016 - 20:26 | 51.42k
Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Dr Ir Siti Munifah MSi (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)
Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Dr Ir Siti Munifah MSi (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Teknologi Pertanian Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Dr Ir Siti Munifah MSi mengajak Himpunan Mahasiswa Penyuluhan Pertanian (HIMAPPI) menggaungkan kembali nama STPP.

Menurutnya, selama ini nama STPP hampir hilang dari peredaran dan kurang terdengar kiprahnya.

"Untung ketika Pusdiktan (Pusat Pendidikan Pertanian) melakukan sebuah transformasi, didukung dengan Upsus (Upaya Khusus), STPP mulai nampak kembali gaungnya," kata Munifah di hadapan para delegasi Musyawarah Nasional (Munas) HIMAPPI 2016 di Ruang Diorama STPP Malang, Senin (21/11/2016) malam.

BACA JUGA: Munas HIMAPPI 2016 Berakhir‎​

Terlebih, nama STPP menjadi semakin bergema, ketika menerima mahasiswa dari umum selain pegawai negeri sipil (PNS). 

Pada kesempatan itu, Munifah menyampaikan bahwa Indonesia masih kekurangan tenaga penyuluh. "Penyuluh itu bisa penyuluh PNS, Swadaya, dan swasta, sangat kurang," ujarnya.

Untuk itu, perlu ada upaya mengatasi kekurangan tenaga penyuluh di Indonesia.

Dia mencontohkan, STPP Malang mencoba melakukan inisiasi dengan menghadirkan para orang tua mahasiswa. Kehadiran para orangtua  ini untuk turut memikirkan perkembangan dan kemajuan institusi pendidikan STPP.

"Harusnya permasalahan-permasalahan ini juga turut dibahas dalam Munas HIMAPPI sehingga nantinya STPP se-Indonesia punya mekanisme yang sama," harapnya.

Dia juga mengajak Badan Perwakilan Mahasiswa untuk berperan lebih aktif dan turut memikirkan kemajuan STPP yang telah berdiri sejak tahun 2001.‎

Menutup Munas HIMAPPI 2016, Ketua STPP Malang meminta organisasi kemahasiswaan memiliki program 'grounded action' yang nyata dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan juga memberi solusi bagi permasalahan organisasi.‎

"Kinerja HIMAPPI harus lebih baik dengan membuat sesuatu program dan bekerja yang bisa turut berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Ayo, semua STPP se-Indonesia maju bersama-sama," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES