Peristiwa Nasional 20 Hari Jadi Menteri

Presiden Jokowi Dinilai Tidak Teliti Memilih Menteri

Senin, 15 Agustus 2016 - 22:50 | 54.09k
Faizal Basri. (Foto: tempo)
Faizal Basri. (Foto: tempo)
FOKUS

20 Hari Jadi Menteri

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesiden Jokowi dinilai tidak teliti dalam memilih pembantunya. Terbukti, apa yang menimpa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

Arcandra Tahar hanya dua puluh hari menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak dilantik 27 Juli 2016 lalu.

BACA JUGA: Jokowi Copot Menteri ESDM Arcandra Tahar

Arcandra Tahar diberhentikan dengan hormat oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Agustus 2016, terkait status dwikewarganegaraan Indonesia dan Amerika Serikat.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Pandjaitan Plt Menteri ESDM

Sejak pengangkatannya sebagai pengganti Sudirman Said, publik pada mulanya menaruh harapan besar pada pemegang predikat doktor di bidang laut dalam lulusan Texas A&M University itu.

BACA JUGA: Menteri Tercepat, Arcandra Hanya 20 Hari Menjabat

Namun begitu, isu dwikewarganegaraan Arcandra mulai menyeruak dua pekan terakhir. Bahkan sejak akhir pekan lalu, istana diam-diam bolak-balik memanggil Arcandra, lantaran pemberitaan dwi-kewarganegaraan yang gencar.

Menurut Ekonom senior dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Faisal Basri, kasus yang menimpa menteri asal Padang itu, harus menjadi pembelajaran berharga bagi Presiden Jokowi.

"Ke depan, baiknya pengecekan lebih seksama supaya tidak menimbulkan kontroversi yang tidak perlu," kata Faisal, Senin (15/8/2016).

Faizal menilai ada baiknya para pejabat khususnya di lingkungan istana tidak memperkeruh polemik dengan memberikan pernyataan yang berbeda-beda.

Dalam menangani hal seperti ini tambahnya, seharusnya tidak banyak pejabat bicara, cukup jubir Presiden. Ia pun berharap kepada semua pihak, untuk mengetahui persis latar belakang calon pejabat yang diajukan.

Diberitakan sebelumnya, dalam jumpa konferensi, pukul 21.00 WIB, jabatan Menteri ESDM, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dipercaya sebagai plt Menteri ESDM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES