Peristiwa Daerah

Aktivitas Gunung Bromo Cenderung Meningkat

Selasa, 12 Juli 2016 - 13:23 | 36.14k
Gunung Bromo (Foto: Senda Hardika/ TIMESIndonesia)
Gunung Bromo (Foto: Senda Hardika/ TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Aktivitas Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut itu cenderung meningkat selama beberapa pekan terakhir. Meski demikian statusnya masih waspada atau level II.

"Terkadang gempa tremornya besar, namun visualnya tidak mengeluarkan abu vulkanis. Kadang gempa tremornya kecil, namun kawah mengeluarkan abu vulkanis, sehingga aktivitasnya masih fluktuatif," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Bromo Ahmad Subhan saat dihubungi kantor berita Antara di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (12/7/2016).

Baca Juga: Abu Bromo Menghilang, Bandara Abdulrachman Saleh Kembali Dibuka

Sebelumnya, abu vulkanis gunung Bromo ini sempat mengganggu penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh pada Senin (11/7/2016). Pihak otoritas bandara memutuskan menutup bandara sejak Senin siang hingga Selasa (12/7/2016) pukul 08.00. Saat ini, bandara sudah beroperasi normal.

"Aktivitas gunung Bromo cenderung tinggi dan masih belum stabil, namun statusnya masih level II," ujarnya.

Sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), masyarakat di sekitar Gunung Bromo baik pengunjung, wisatawan, maupun pendaki dilarang memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif karena berbahaya.

"Kami menyayangkan masih ada wisatawan yang nekat menerobos masuk kawasan kurang dari 1 kilometer radius aman dan mereka berada di bibir kawah. Padahal material kawah bisa terlontar sewaktu-waktu, sehingga membahayakan pengunjung tersebut," tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES