Peristiwa Daerah

Abu Bromo Menghilang, Bandara Abdulrachman Saleh Kembali Dibuka

Selasa, 12 Juli 2016 - 13:06 | 50.45k
Bandara Abdul Rahman Saleh Malang (Foto: Senda Hardika/ TIMESIndonesia)
Bandara Abdul Rahman Saleh Malang (Foto: Senda Hardika/ TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah sempat ditutup karena gangguan abu vulkanik Gunung Bromo, Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur kembali dibuka pada Selasa (12/7/2016) mulai pukul 08.40 WIB.

Sebelumnya, bandara ditutup sejak pukul 11.00 WIB Senin (11/7/2016) kemarin.

"Hari ini penerbangan dari dan ke Malang telah normal kembali. Hal ini disebabkan tidak ada gangguan abu vulkanik dari erupsi Gunung Bromo. Arah angin ke Barat Daya-Selatan menyebabkan abu vulkanik tidak mengarah ke bandara dan sekitarnya," terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya.

Sutopo menjelaskan, berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunung Bromo PVMBG, secara visual pada Selasa (12/7/2016) pukul 07.00 WIB, asap kawah teramati kelabu kecokelatan sedang-tebal, tinggi asap berkisar 300-800 meter dari puncak kawah ke arah Barat daya-selatan. Selain itu, Sutopo memprediksi potensi erupsi kecil dengan membawa material abu vulkanik tipis masih akan berlangsung.

”Status Gunung Bromo tetap Waspada (level II),” imbuhnya.

PVMBG memberikan status waspada pada erupsi gunung tersebut. Masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan wisatawan maupun pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : BNPB

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES