Wisata

Objek Wisata Situ Bolang Indramayu Kebun Anggur Jadi Daya Tarik Pengunjung

Senin, 07 November 2022 - 01:27 | 42.20k
Objek Wisata Situ Bolang Indramayu Kebun Anggur Jadi Daya Tarik Pengunjung
Perkebunan Anggur di Kawasan Wisata Agroeduwisata Situ Bolang Indramayu (Foto : Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Perkebunan buah anggur jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung kawasan objek wisata Situ Bolang yang terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung Indramayu, Jawa Barat, Minggu (6/11/2022). 

Menurut sang pemilik Agro Edu Wisata Situ Bolang Urip, budidaya buah anggur salah satu ikon yang jadi magnet tersendiri di kawasan wisata ini, dimana pengunjung bisa melihat secara langsung dari mulai proses pembibitan sampai hasil panen. 

Di samping itu pula pengunjung bisa menikmati buah anggur dari berbagai jenis langsung dari kebun, apabila memasuki masa panen tiba, tentunya dengan membeli secara langsung di tempat wisata. 

"Sebanyak 400 lebih bibit anggur yang kami tanam di Objek Wisata Situ Bolang ini, baik dalam ruang tertutup maupun ruang kebun yang terbuka, tanaman anggur yang kami budidayakan dari jenis dan rasa yang berbeda," terang Urip.

Urip juga menerangkan bahwa pengunjung bisa membeli bibit tanaman anggur dengan harga Rp 75 ribu per bibit dengan kualitas yang sama dengan yang di sini.

Perkebunan-Anggur-di-Kawasan-Wisata-Agroeduwisata-Situ-Bolang-Indramayu-a.jpg

" Tanaman anggur baru kami budidayakan dan kami kembangkan sekitar 7 bulan yang lalu, dan hasilnya pun kurang dari 5 bulan sudah bisa dipanen dan dijual belikan kepada pengunjung," katanya. 

Lebih lanjut, Urip berharap agar budidaya tanaman anggur bisa lebih dikembangkan lagi, dan bisa sejajar dengan tanaman bah yang ada di kawasan ini, diantaranya buah mangga khas Indramayu. 

"Saya ingin jadikan kebun anggur ikon terbaru,dan daya tarik wisata ini, biar pengunjung bisa merasakan buah anggur  langsung dari tanamannya langsung," ujarnya. 

Sementara itu pengunjung asal Desa Pabean Udik, Munaroh sangat senang berada di perkebunan anggur, dirinya berencana membeli bibit tanaman anggur untuk di tanam di rumahnya. 

"Sekalian wisata bareng keluarga di hari libur, saya juga akan membeli beberapa bibit tanaman anggur untuk ditanam di rumah, karena proses tanamnya cukup mudah dan hasilnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama," ucapnya. 

Senada dengan Munaroh, Lusy asal Kabupaten Majalengka jauh - jauh dari Majalengka hanya untuk liburan dan melihat perkebunan anggur dan yang lainya yang ada di Wisata Situ Bolang Indramayu.

" Kebetulan saya suka banget sama buah anggur, dan ingin sekali memetik langsung buah anggur langsung dari tanamannya, buah anggurnya banyak banget ingin rasanya memakannya dan membawanya pulang," Pintanya.

Perkebunan-Anggur-di-Kawasan-Wisata-Agroeduwisata-Situ-Bolang-Indramayu-b.jpg

Agroeduwisata Situ Bolang sendiri merupakan objek wisata dengan konsep perkebunan, dimana pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dari atas jembatan penyeberangan dan belajar tentang tanaman dan juga sarana bermain untuk anak. 

Biasanya pengunjung akan memadati kawasan tersebut pada hari libur nasional atau hari Minggu saja, dengan biaya masuk untuk orang dewasa Rp.15 ribu dan bagi anak - anak dikenakan biaya Rp.10 ribu. 

Dengan biaya masuk tersebut pengunjung sudah bisa berkeliling melihat perkebunan anggur dan yang lainnya serta taman untuk bisa berfoto bareng keluarga, juga sarana bermain anak berupa kolam renang mini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES