Wisata

Lanud Abdulrachman Saleh Menggelar Malang Drone Festival 2022 di Pantai Teluk Asmara

Minggu, 06 November 2022 - 16:12 | 31.67k
Lanud Abdulrachman Saleh Menggelar Malang Drone Festival 2022 di Pantai Teluk Asmara
Peserta menerbangkan drone dalam gelaran Malang Drone Festival 2022, yang dilaksanakan di PantaI Teluk Asmara. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Gelaran event Malang Drone Festival 2022 dalam rangka HUT ke-70 Lanud Abdulrachman Saleh dan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang digelar di Pantai Teluk Asmara Desa Sitiharjo Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang, Sabtu (5/11/2022).

Kadispotdirga Lanud Abdulrachman Saleh, Kolonel Tek Chaeruman, S.T., M.M. sebagai Ketua Panitia Malang Drone Festival 2022 mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama antara Lanud Abdulrachman Saleh dan Pemerintah Kabupaten Malang.

Malang Drone Festival 2022 yang dilaksanakan selama satu hari pada 5 November 2022 itu memperebutkan total hadiah sebesar Rp15.000.000. Pesertanya tidak dipungut biaya.

Malang-Drone-Festival-2.jpg

Selain Aerial photography, dalam event yang dipusatkan di Pantai Teluk Asmara ini juga di adakan Drone Race Exhibition, Drone Fun Challenge, Aeromodeling Exhibition, Aero Sport Exhibition, Bazar dan kegiatan sosial pembagian sembako bagi masyarakat yang terdampak banjir.

Kegiatan ini dimeriahkan Tropical Forest sebagai bintang tamu.

Bupati Kabupaten Malang Drs. H.M.Sanusi., M.M mengatakan, adalah sevuah kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah Kabupaten Malang dapat ikut berpartisipasi dan melihat secara langsung antusias para peserta dalam mengikuti Malang Drone Festival 2022.

Malang-Drone-Festival-3.jpgFoto bersama saat penyerahan hadiah untuk para pemenang Malang Drone Festival 2022, yang dilaksanakan di PantaI Teluk Asmara. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

"Bagi saya ini merupakan pertama melihat dan melaksanakan ini dan tahun depan bisa dilanjut lagi yang lebih meriah dan sehingga nantinya menjadi rangkaian kegiatan," katanya.

Sementara itu Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han mengatakan selain memperingati HUT ke-70 Lanud Abdulrachman Saleh dan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturrahmi, mendekatkan masyarakat.

Selain itu, juga sebagai sarana edukasi dan wadah saling berbagi informasi bagi para pengguna drone di wilayah Malang dan sekitarnya.

Bagi pihak Lanud Abdulrachman Saleh, melalui kegiatan ini akan lebih memudahkan untuk berkoordinasi dengan pengguna drone terkait dengan kegiatan penerbangan di Lanud Abdulrachman Saleh baik penerbangan sipil maupun militer.

Malang-Drone-Festival-4.jpgMarsma TNI Zulfahmi  saat memberikan sambutan saat dibukannya gelaran Malang Drone Festival 2022, yang dilaksanakan di PantaI Teluk Asmara. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

“Dengan para pengguna drone sudah terkoordinir dan mempunyai wadah, tentunya akan memberikan kenyamanan para operator penerbangan untuk mengopersikan pesawat di Malang, dan diharapkan akan banyak penerbangan yang masuk, wisatawan banyak yang masuk sehingga akan semakin berkembang pariwisata di kota Malang dan dapat mendongkrak sektor pariwisata yang tentunya akan berimbas kepada kesejahteraan masyarakat,” kata Danlanud.

Kegiatan Malang Drone Festival 2022 di ikuti oleh peserta dari beberapa daerah di Indonesia. Diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan beberapa daerah lainnya. Panitia membatasi jumlah peserta di event pertama ini, maksimal peserta 100 pilot dan drone untuk keamanan dan kenyamanan peserta dalam melakukan hunting di udara.

Malang-Drone-Festival-5.jpg

Diharapkan pada acara ini akan terkumpul para pelaku drone, baik untuk hobi, bisnis maupun  olah raga dirgantara yang terkoordinir dibawah perlindungan Lanud Abdulrachman Saleh sebagai inisiator event.

Pihak Lanud Abdulrachman Saleh juga berharap melalui karya seni Aerial Photography, dapat mempromosikan dan membangkitkan potensi pariwisata Kabupaten Malang di era new normal pasca pandemi Covid-19.

Hadir pada acara Malang Drone Festival 2022 ini, Wakil Bupati Malang, Sekda Kabupaten Malang, para pejabat Lanud Abdulrachman Saleh, Forkompimda Kabupaten Malang serta pejabat TNI Polri Kabupaten Malang.Malang Drone Festival 2022 didukung sepenuhnya oleh Lanud Abdulrachman Saleh, Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, Perhutani Kabupaten Malang, Villa Asmara Hill, PT Sejuk (Renjana), Amazing Malang, dan Explore Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES