Wisata

Kapal Pinisi Kamalingga Probolinggo Siap Jadi Tempat Bermalam Kekinian di Tengah Laut

Selasa, 01 November 2022 - 14:28 | 102.62k
Kapal Pinisi Kamalingga Probolinggo Siap Jadi Tempat Bermalam Kekinian di Tengah Laut
Penampakan Kapal Pinisi Kamalinga Probolinggo.(Foto: Agus Purwoko/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Bermalam di Probolinggo, kini tidak hanya bisa di hotel, cottage atau sejenisnya. Wisatawan atau tamu yang punya kegiatan di Probolinggo, Jawa Timur, kini bisa bermalam di atas kapal pinisi.

Kapal pinisi yang dimaksud adalah Kapal Pinisi Kamalingga. Kapal ini siap menemani bermalam di tengah laut dengan nuansa romantis dan kekinian.  

Kapal yang siap menemani malam di tengah laut berjenis Pinisi adalah kapal yang asal mulanya dibuat dan dirancang Suku Bugis, Makasar, Sulawesi. Kapal yang beroperasi di wilayah perairan Probolinggo ini, milik Kamalingga, perusahaan Tour and Travel.

Kapal Pinisi ini dirancang dan didesain khusus wisatawan atau penumpang yang ingin bermalam, dan beru dua bulan yang lalu diluncurkan. Selain bisa menginap di atas kapal, wisatawan atau penumpang diajak berkeliling di perairan Probolinggo, dan singgah di pulau tengah laut.

Di antaranya Pulau Gili Ketapang dan pulau di tengah laut yang hingga kini tak berpenghuni. Warga sekitar menyebut, pulau berpasir putih tersebut Pulau Kaca. Namun, pulau yang dimaksud tidak tampak atau tidak muncul ke permukaan, ketika air laut pasang.

“Lokasinya di utara Pulau Gili. Cukup luas. Kita bisa bersantai di pulau itu, menikmati luasnya pemandangan laut. Dari pulau itu, kita bisa melihat keindahan ikan dan terumbu karang,” jelas H Akbar, pemilik kapal, Selasa (1/11/2022).

Selain itu wisatawan yang menginap di kapalnya, bisa menyaksikan sensasi matahari terbit dan terbenam (sunrise dan sunset). Dikatakan, Kapal Pinisi Kamalingga tidak hanya penginapan. Tetapi kapal yang bisa mengantar penumpangnya berselancar, menikmati sensasi alam eksotik.

Kapal tersebut bisa ditumpangi berbagai kalangan, yang lelah dengan kesibukannya di darat. Dari atas kapal, wisatawan bisa berkegiatan apa saja seperti, hang out (nongkrong), santai melepas ketegangan otak, setelah seharian sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Tak hanya bisa berdiam diri, penumpang bisa menghibur diri, mendengarkan alunan musik dari sound system. Bagi yang suka olah vokal, penumpang bisa mencoba suara emasnya, dengan berkaraoke sesuka hati bersama penumpang atau wisatawan lainnya.

Disebutkan, Kapal Pinisi Kamalingga, memang didesain untuk penumpang yang ingin bermalam di permukaan air laut. Selain ruang bersantai, tempat karaoke dan ruang makan, di kapal juga disediakan 12 kamar tidur.

“Jumlah penumpang yang bisa kami bawa sekitar 35 orang,” tambah Akbar.

Wisatawan juga bisa mandi dan makan atau sarapan di atas kapal. Selain itu, wisatawan bisa menikmati menu kuliner di Pulau Gili. Pihak Kamalingga menyediakan tempat semacam kafé di atas pasir putih Pulau Gili.

“Saat ini tengah digarap tempatnya. Lokasinya di barat dermaga Gili,” katanya.

Pemilik kapal kemudian merinci fasilitas paket yang akan dinikmati pengguna kapal Pinisinya. Menurutnya, wisatawan berada di atas kapal dua hari satu malam. Mereka mendapat fasilitas dua kali makan (dinner dan breakfast) saling ke Pulau Gili, BBQ di atas kapal,

Menikmati sunset dan sunrise, karaoke online dan video cinematic by drone. Saat ditanya harga, pemilik kapal enggan menjawab. Secara diplomatis dikatakan, kalau harganya ekonomis, tak terlalu menguras isi kantong. Harganya, sesuai dengan fasilitas yang dinikmati penumpang.

“Harga itu kan relatif. Ya, harga ekonomis, tidak terlalu memberatkan. Pasti murah, karena kami langsung pengelolanya," pungkas H Akbar, pemilik sekaligus pengelola Kapal Pinisi Kamalingga Probolinggo, penginapan di tenah laut kekinian itu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES