Wisata

Nikmati Kampung Paraiso hingga Kampung Jepang di Sidomulyo Floral Festival 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 - 17:18 | 28.21k
Nikmati Kampung Paraiso hingga Kampung Jepang di Sidomulyo Floral Festival 2022
Ada wisata dadakan menarik di Kota Batu bulan Oktober ini. Datang dan nikmati Kampung Paraiso hingga Kampung Jepang di Sidomulyo Floral Festival (SFF) 2022. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ada wisata dadakan menarik di Kota Batu bulan Oktober ini. Datang dan nikmati Kampung Paraiso hingga Kampung Jepang di Sidomulyo Floral Festival (SFF) 2022.

Ya.. selama beberapa saat, di desa sentra bunga Sidomulyo ini berdiri Kampung-Kampung Tematik. Kampung Paraiso, sebuah kampung yang ditengahnya terdapat sumber air nan jernih hingga kita bisa melihat ratusan ikan koi berenang kesana ke mari.

Ada sebuah jembatan yang melintang ditengah kolam, hingga kita bisa melihat dari atas. Tidak kalah menarik, ada juga Kampung Sakura, dimana warga mendesain sedemikian kampung mereka seperti kampung di Negeri Matahari.

Dengan ornamen khas Negeri Jepang, seperti Gerbang Tori dan lampion yang bentuknya sangat khas.

Ada juga warga yang memanfaatkan tanaman hias yang dijualnya. Seperti warga RT 3 RW 12, warga menghias tanaman hias raksasa menjadi sebuah taman yang indah, lengkap dengan kolam ikan.

Uniknya siapa saja yang melihat bukan hanya tertarik untuk foto di depan tanaman hias ini, namun ada juga yang tertarik membeli tanaman hias ini.

Kampung-Jepang-di-Sidomulyo-Floral-Festival-a.jpg

"Ada saja yang tertarik untuk membeli. Kalau ada yang membeli yang dijual nanti diganti tanaman yang lain," ujar Koordinator Hias Kampung, Roni.

Kampung Tematik yang dibuat warga ini merupakan bagian dari Lomba Hias Kampung yang dilaksanakan sebagai rangkaian Sidomulyo Floral Festival (SFF) 2022.

Menurut Roni ada 42 Kampung Hias yang menjadi peserta lomba. Sejak awal bulan, warga sudah mempercantik kampungnya.

Hasilnya bukan hanya keguyuban warga, namun Sidomulyo menjadi semakin cantik dan dikunjungi wisatawan.

Lomba hias kampung ini merupakan bagian dari Sidomulyo Floral Festival (SFF) 2022 yang digelar oleh warga Desa Sidomulyo, Kota Batu tanggal 21 hingga 29 Oktober 2022 mendatang.

Serangkaian kegiatan akan dilaksanakan dalam even yang diselenggarakan untuk menyambut hari ulang tahun Kota Batu yang ke-21 ini.

Beragam kegiatan akan dilaksanakan, mulai dari lomba hias kampung, lomba dekorasi taman (landscape), lomba fotografi, lomba videografi, lomba fashion anak dan remaja, lomba fashion carnival, lomba floral culinary, lomba merangkai bunga, lomba dekorasi pelaminan, dan lomba floral bride make up.

Selain itu, diselenggarakan juga expo landscape, make up artist, dan dekorasi pelaminan, dan bazaar floral culinary.

Dalam SFF juga diselenggarakan lomba cipta menu floral culinary. Menariknya kreasi menu terbaik dalam lomba ini akan dipilih untuk menjadi bagian dari menu andalan kafe Mall Bunga Sidomulyo.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Desa Sidomulyo (BUMDES) Mulyo Joyo ini mengusung tema Wonderland Sidomulyo.

Kegiatan yang juga merupakan salah satu rangkaian acara Oktober Fest Gekrafs Batu ini akan dibuka pada 22 Oktober 2022 dengan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Jawa Timur, serta Wali Kota Batu.

Kampung-Jepang-di-Sidomulyo-Floral-Festival-b.jpg

Festival akan kita ditutup pada 29 Oktober 2022 sekaligus dengan launching laman e-commerce mallbungakotabatu.com, yaitu laman komersil daring tanaman hias pertama di Kota Batu.

Kepala Disparta Kota Batu, Drs Arief As Siddiq MH memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. "Kegiatan ini luar biasa karena dilakukan oleh warga yang menambah daya tarik wisata," ujar Arief.

Arief menegaskan pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada warga, sehingga desa ini akan semakin moncer pariwisatanya hingga berdampak pada kesejahteraan warga. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES