Wisata

Indahnya Panorama Batu Patapaan, Wisata Alam yang Cocok untuk Climbing dan Fotografi

Selasa, 11 Oktober 2022 - 06:34 | 41.91k
Indahnya Panorama Batu Patapaan, Wisata Alam yang Cocok untuk Climbing dan Fotografi
Batu Patapaan di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, menawarkan panorama alam indah di dataran tinggi. (Foto: Fani Ferdiansyah/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, GARUT – Tempat di salah satu dataran tinggi Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, ini belum banyak diketahui banyak orang. Warga sekitar menyebut objek wisata alam berupa tumpukan batu tersebut sebagai Batu Patapaan

Berlokasi di wilayah Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Batu Patapaan menyuguhkan indahnya panorama alam bagi siapapun yang mengunjunginya. Kondisi yang natural membuat objek wisata ini cocok untuk didatangi siapapun yang menyukai wisata alam. 

Secara spiritual, orang sekitar tempat ini menyebutkan bahwa susunan formasi Batu Patapaan sangat ideal untuk melakukan semedi atau bertapa. Oleh karena itulah, tempat ini disebut Batu Patapaan. 

Batu-Patapaan-2.jpg

Selain dijadikan tempat wisata untuk berlibur, Batu Patapaan juga biasa digunakan sebagai tempat climbing atau panjat tebing oleh komunitas yang ada di Garut. Bahkan, komunitas panjat tebing dari luar daerah ada juga yang sengaja datang untuk olahraga climbing di tempat ini.

Pecinta panorama alam dari ketinggian rasanya mesti datang ke tempat ini. Minimal, memasukan nama Batu Patapaan Garut ke dalam daftar destinasi yang harus dikunjungi. Sebab, ketika berada pada ketinggian kurang lebih 100 meter di atas Batu Patapaan, wisatawan akan disuguhkan panorama alam indah dan dikelilingi banyaknya pegunungan.

Batu Patapaan berada tak jauh dari lokasi perkampungan warga. Salah seorang warga sekitar, Lusy (31), mengatakan bahwa Wisata Batu Patapaan ini masih asri dan natural. Hal tersebut terbukti dengan tumpukan batu yang tercipta alamiah tanpa ada campur tangan manusia.

"Batu Patapaan ini masih asri dan natural, tumpukan-tumpukan batu disini tercipta secara alamiah. Ini kira-kira berada diketinggian 100 meter, dan diatas sini sangat sejuk juga disuguhkan panorama alam yang indah," kata Lusy, Senin (10/10/2022).

Menurut dia, tempat tersebut akan optimal jika ditata dan dibenahi. Jika ditata dengan baik, jumlah kunjungan wisata ke lokasi ini kemungkinan besar akan meningkat. 

"Kalau ada pembenahan yang signifikan, akan ada banyak orang yang datang berkunjung ke Batu Patapaan ini," ucapnya. 

Lusy menilai lokasi tersebut sangat berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata. "Akan ada dampak lain jika menjadi destinasi wisata ramai, yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," tuturnya.

Batu-Patapaan-3.jpg

Hal senada disampaikan Didin Jaenudin (26), warga Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Menurut Didin, dia selalu menyempatkan diri untuk mampir ke Batu Patapaan bersama temannya jika berkunjung ke Cikajang. 

"Lokasinya benar-benar cocok untuk melepas penat. Biasa saya menyempatkan diri berkunjung ke sini jika sedang ke Cikajang," kata Didin. 

Selain untuk nongkrong dan menikmati indahnya panorama alam, Dindin dan temannya selalu menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat untuk berfoto.

"Lokasinya cocok untuk swafoto atau hunting foto-foto juga," ungkapnya tentang wisata Batu Patapaan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES