Wisata

Destinasi "Healing" di Kota Batam

Jumat, 07 Oktober 2022 - 12:58 | 30.79k
Destinasi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam 2 tahun terakhir, kita sering mendengar istilah healing. Healing seringkali dikaitkan dengan liburan hingga sebagian besar masyarakat menganggap healing dan liburan adalah satu hal yang sama. Namun apa itu healing yang sebenarnya? healing berasal dari bahasa Inggris yang berarti penyembuhan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) penyembuhan sendiri diartikan sebagai proses, cara, perbuatan menyembuhkan atau pemulihan. Sementara liburan adalah masa libur atau vakansi yang bisa juga diartikan sebagai bebas dari bekerja atau sekolah. 

Sementara menurut psikolog Hayinah Ipmawati, M.Psi, healing dan liburan adalah 2 hal berbeda. Dimana healing merupakan sebuah usaha pengembangan keutuhan diri, baik secara fisik maupun mental. Beliau menegaskan bahwa healing merupakan sebuah proses penyembuhan diri, dan liburan bisa menjadi salah satu momen bagi seseorang untuk menyembuhkan diri. Intinya liburan bukan berarti healing, dan healing tidak melulu liburan. 

Selain liburan, cara terbaik untuk healing adalah melakukan meditasi atau self-talk (berdialog dengan diri sendiri). Bisa juga dengan melakukan deep-talk (berdialog secara mendalam) dengan orang yang dipercaya. Namun jika ingin berlibur di tempat yang penuh kedamaian, anda bisa coba datangi tempat - tempat yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Dan mencoba liburan yang lebih tenang seperti menginap di villa atau resort. 

Salah satu destinasi yang sesuai dengan kriteria diatas adalah kota Batam. Batam yang juga dikenal sebagai gerbang menuju Singapura ini terkenal dengan suasana yang nyaman dan tenang. Sangat cocok untuk berlibur bagi anda yang menyukai ketenangan. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang bisa anda pilih saat berkunjung ke Batam:

1.    Pantai Marina

Terletak di bagian barat Kepulauan Riau, pantai ini masih satu kawasan dengan Marina Water Front City. Karena berdekatan dengan resort mewah, suasana pantai jadi terasa mewah juga. 

2.    Pulau Mubut

Memiliki nuansa asri ala pulau tropis, Pulau Mubut menyajikan sunset yang indah disertai pasir putihnya.

3.    Jembatan Barelang

Dengan nuansa mirip Golden Gate Bridge di San Fransisco, disini anda dapat menikmati pemandangan indah matahari terbit dan terbenam.

4.    Masjid Muhammad Cheng Hoo

Jika anda menyukai nuansa religi, anda dapat mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo di Tj. Bantung, Bengkong, kota Batam. Masjid ini dibangun dengan campuran unsur budaya Tiongkok sehingga memiliki arsitektur yang unik. 

5.    Tebing Langit Sekupang

Berkawasan di Bukit Dangas Sekupang, tempat ini terkenal dengan keindahan panorama alam dan hutannya. Dilengkapi dengan banyak spot - spot foto yang menarik seperti pintu langit, lorong langit, bintang harapan dan masih banyak lagi.

6.    Funtasy Island 

Disini anda dapat melihat lumba - lumba yang dilepas di sekitar perairan Funtasy Island atau atraksi lumba - lumba yang diperuntukan untuk pengunjung. 

Namun, jika anda lebih suka menghabiskan waktu untuk bersantai di satu tempat dalam waktu yang lama, anda bisa mencoba bermalam di HARRIS Resort Waterfront Batam. Berlokasi di daerah pesisir barat Pulau Batam. Tepatnya di Jl. KH. Ahmad Dahlan - Waterfront City, Batam Indonesia 29422. 

HARRIS Resort Waterfront Batam menyajikan pemandangan selat Singapura yang memanjakan mata. Tidak hanya itu, disini ada berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati seperti Giant Swimming Pool dengan total luas 100 sqm, Fitness Corner lengkap dengan cardio dan resistance equipment, dan tidak lupa juga ada Spa yang menggabungkan sentuhan modern dengan tradisi Asia.  

Anda juga bisa mengunjungi HARRIS Resort Barelang Batam yang berlokasi di Jl. Trans Barelang, Batam. Berjarak 5 menit dari landmark Batam yaitu Jembatan Barelang, hotel ini memiliki lokasi yang strategis karena terletak dekat dengan Terminal Feri Internasional Batam Center dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti HARRIS Suite, HARRIS Villa, dan HARRIS cafe and Pizza dengan live cooking yang tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya itu, resort ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang tanpa batas, Spa dan pusat kebugaran, bay house hingga Dino kids club yang memanjakan semua kalangan usia. 

Selain kedua resort diatas, HARRIS memiliki hotel lain yang lebih ramah dompet yaitu HARRIS Hotel Batam Center Batam. Terletak di Jl. Engku Putri, Batam Center, hotel memiliki akses mudah menuju Terminal Feri Internasional Batam Center yang memudahkan anda untuk bepergian menuju Singapura. 

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES