Wisata

Ingin Mood Booster Murah Meriah? Coba ke Coban Glothak

Kamis, 06 Oktober 2022 - 03:48 | 57.43k
Ingin Mood Booster Murah Meriah? Coba ke Coban Glothak
Coban Glothak, di desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Namanya air terjun. (FOTO: Ade Setya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hai TIMES Lovers. Kali ini kita akan membahas wisata alam di desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Namanya air terjun Coban Glothak.

Coban Glothak letaknya di lereng Gunung Kawi. Karena lokasinya di lereng gunung, tak heran saat kita berjalan menuju lokasi, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang hijau nan asri. Hidung kita akan merasakan hirupan udara segar yang beraroma hutan.

Kalau beruntung, di sepanjang perjalanan, suara garengpung (sejenis serangga pohon) yang terdengar bersahutan akan menambah suasana jadi sangat eksotis.

Coban-Glothak-2.jpg

Air terjun dengan ketinggianannya sekitar 100 meter ini sebenarnya adalah air terjun paling bawah dari 7 air terjun yang berada di atasnya.

Soal kenapa namanya Coban Glothak, dulu air yang jatuh dari ketinggian 100 meter itu bunyinya glothakan (bahasa daerah Malang.red). Ketika benda keras seperti batu, kayu dan lainnya jatuh dari ketinggian dan menyentuh dasar air terjun, timbul suara klothak... klothak... klothak... Bahasa daerah orang sekitar menyebutnya suara itu glothakan.

Coban yang dikelola Perhutani dan warga sekitar ini memang jarang dikunjungi karena lokasinya memang cukup sulit. Untuk menuju lokasi ini, pengunjung harus berkendara sekitar 15 km ke arah barat Kota Malang.

Coban-Glothak-3.jpg

Sekitar 4-5 km dari Desa Bedalisodo menuju lokasi, kondisi jalan yang ada kurang bagus. Pengunjung harus melewati jalan setapak, naik turun dan melintas area sungai yang penuh bebatuan besar.

Namun setelah sampai di lokasi, dan membayar tiket Rp5000 per orang (harga bisa berubah, sesuai kebijakan pengelola) rasa lelah itupun pasti akan hilang segera. Kesegaran cipratan air terjun Coban Glothak dan suasana alam sekitar yang asri sudah mampu menghilangkan lelah kita.

"Banyak spot foto berlatar belakang alam atau air terjun untuk diabadikan. Kita juga bisa mandi atau sekedar merasakan dingin dan segarnya air terjun. Seakan terbayar sudah lelahnya perjalanan dari area parkir kendaraan menuju lokasi," tutur Doni (21) salah satu pengunjung asal Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Coban-Glothak-4.jpg

Nah TIMES Lovers, jika kalian ingin mencoba menenangkan hati dan fikiran, tempat ini sangat recommended.

Sempatkan liburan dan relaksasi di Coban Glothak ini. Coban ini bisa meningkatkan mood booster kalian supaya bisa lebih semangat lagi untuk beraktivitas. Patut dicoba... (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES