Wisata

Pantai Bahak Tongas, Probolinggo, Tawarkan Tiga Spot Berbeda

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 06:16 | 48.98k
Pantai Bahak Tongas, Probolinggo, Tawarkan Tiga Spot Berbeda
Anjungan dan tiga menara pandang menjadi salah satu spot terbaik di pantai Bahak Tongas. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wilayah Kabupaten Probolinggo, Jatim, memliki garis pantai yang patut dieksplor. Salah satunya Pantai Bahak Tongas di Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas. Pantai Bahak Tongas bisa jadi referensi tempat wisata Probolinggo untuk merefresh otak.

Setidaknya ada dua area keren yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Yang pertama, tentu wilayah pantainya. Kedua, area hutan cemara udang yang rindang. Tak perlu berlama-lama, yuk kita kupas Pantai Bahak Tongas.

Untuk bisa sampai ke pantai yang baru dikelola secara maksimal tahun 2021 itu, anda harus melewati ruas Jalan Raya Tongas. Ancer-ancer mudahnya adalah RSUD Tongas. Di jarak sekitar 100 meter dari RSUD Tongas ke arah timur, terdapat papan petunjuk arah menuju Pantai Bahak. Papan petunjuk tersebut berada di sisi utara jalan raya. Ikuti saja jalan ke arah utara itu, hingga menjumpai pintu masuk Pantai Bahak.

Setelah pintu masuk terdapat area parkir yang cukup luas. Baik parkir untuk mobil maupun sepeda motor. Tapi sebelum masuk area parkir, sudah ada petugas tiket yang menghampiri pengunjung. Per pengunjung dikenakan tiket Rp 10 ribu.

Pantai-Bahak-Tongas-2.jpgJembatan hijau menjadi salah satu ikon pantai Bahak Tongas, yang menghubungkan area barat dan timur. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

Jika sudah membayar tiket, anda bisa langsung masuk ke area hutan cemara udang yang berada di sisi barat garis pantai Bahak. Areanya cukup rindang. Angin laut menjadi sejuk karena rindangnya pohon cemara udang. 

Jika ingin bersantai di kawasan hutan cemara udang, anda bisa berteduh di bawah gazebo yang disediakan pengelola. Atau bisa langsung selonjoran di bawah pohon cemara udang sambil melihat pantai sejauh mata memandang. 

Setelah melepas lelah di are barat, kita bisa masuk ke area timur dengan melewati jembatan berwarna hijau. Warna jembatan begitu memikat, menambah keasrian suasana di pantai Bahak.

Jika di area barat terdapat hutan cemara udang, berbeda dengan area timur yang dikonsep wisata kuliner. Berjejer lapak pedagang menghadap ke arah pantai yang dibangun oleh Pemkab Probolinggo. Jadi, sambil menikmati kuliner, anda tetap bisa melihat langsung air laut.

Meski di area timur tidak terdapat hutan cemara udang, namun suasananya tetap sejuk. Ada beberapa pohon rindang di depan lapak pedagang. Di depan lapak tersebut juga dibangun taman hijau untuk menambah keasrian area. Jadi, hawa di area timur tak kalah sejuk dengan area barat Pantai Bahak.

Di area timur juga dibangun pondok-pondok berbentuk kerucut berwarna coklat. Dengan begitu, pengunjung bisa membawa kuliner yang dibelinya untuk dinikmati di dalam pondok kerucut tersebut. 

"Enak, bisa makan bareng keluarga di tempat yang sejuk sambil melihat pantainya. Udaranya gak panas," kata Tri Novita, seorang pengunjung asal Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Pantai-Bahak-Tongas-3.jpgTaman bunga menambah keasrian pantai Bahak Tongas di area timur, dan bikin udara sejuk. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

Jika udara di dua area di bibir pantai Bahak sejuk, berbeda dengan di bagian lautnya. Panas dan angin kencang. Beruntung, ada anjungan di laut pantai Bahak. Anjungan yang terbuat dari kayu tersebut juga dilengkapi dengan tempat teduh.

Nah, di sisi timur anjungan terdapat tiga menara pandang yang juga terbuat dari kayu kokoh. Pengunjung bisa menaiki menara tersebut untuk melihat langsung garis pantai dari ketinggian. 

"Keren kalau dilihat dari atas. Apalagi kalau sore hari, bisa melihat matahari terbenam. Warna kuningnya bagus," kata Wira, pengunjung lainnya asal Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Diketahui, Pantai Bahak Tongas dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Dana sebesar Rp 13 miliar digelontorkan dalam dua tahap oleh pemerintah setempat untuk memoles pantai yang dahulu tak pernah tersentuh itu. Berdasarkan data LPSE, untuk pembangunan anjungan atau boardwalk saja menelan biaya Rp 1,5 miliar. 

Sementara untuk anggara paling kecil yakni pembangunan toilet, lengkap dengan saluran air dan jaringan listrik, sebesar Rp 299 juta. 

Bagaimana, anda penasaran dengan keindahan Pantai Bahak Tongas. Segeralah berkunjung ke tempat wisata Probolinggo tersebut, dan nikmati sensasi berwisata di Kabupaten Probolinggo. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES