Tekno

5 Cara Mudah Mempercepat Jaringan WiFi

Minggu, 09 Oktober 2022 - 03:12 | 65.31k
5 Cara Mudah Mempercepat Jaringan WiFi
Ilustrasi - WiFi (FOTO: AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jaringan internet yang lambat sering kali membuat kesal. Masalah jaringan ini disebabkan oleh penggunaan WiFi yang kurang optimal. 

Ada beberapa cara untuk mempercepat jaringan WiFi. Berikut informasi mempercepat jaringan WiFi yang dilansir dari halaman cnet.com:

1. Posisikan Router di Tempat yang Tepat 

Posisi tepat untuk menaruh router adalah di tempat yang terbuka, bebas dari dinding dan pintu yang menghalang. Hal itu karena router merupakan sebagai alat pemancar sinyal WiFi.  

Apabila di rumah, tempat terbaik untuk menaruh router adalah di tengah rumah, letakkan di atas meja atau rak. Pastikan juga antenanya, arahkan antena router mengarah vertikal ke atas. Agar sinyal yang dipancarkan olehnya dapat menjangkau area lebih luas. 

2. Jauhkan dari Perangkat Elektronik 

Kebanyakan orang menaruh router WiFi di tempat yang berdekatan dengan perangkat elektronik lain, seperti TV, lemari es, dan speaker. Ternyata hal tersebut malah memperlambat jaringan internet.

Hal itu karena aliran listrik yang terdapat pada perangkat tersebut justru dapat menahan gelombang nirkabel yang dipancarkan router. Dampaknya kualitas koneksi internet yang dipancarkan pun berkurang.

3. Gunakan Keamanan Kata Sandi  

Membiarkan jaringan WiFi di rumah tetap terbuka, tanpa menggunakan kata sandi bisa menyebabkan perlambatan pada koneksi internet yang dihasilkan. Sebab, akan terlalu banyak pengguna yang mengakses jaringan tersebut. 

Jika memasang WiFi di rumah pribadi, usahakan untuk selalu menggunakan kata sandi, dengan hanya penghuni rumah saja yang mengetahuinya. Jika pengguna luar menggunakannya untuk streaming video, instal aplikasi yang besar, atau download tentu dapat memberi kerugian bagi penghuni rumah. 

4. Upgrade Routernya 

Jika kamu sudah berlangganan internet rumah, tapi dirasa seperti tidak mendapatkan apa yang sudah dibayar, maka mungkin router-nya lah menjadi masalah.  Apalagi buat yang sudah menggunakan layanan internet tersebut lebih dari lima tahun, maka kalian harus mengganti perangkat keras tersebut ke yang lebih baru. 

Hal ini karena teknologi nirkabel dan internet telah banyak mengalami perubahan dalam dekade terakhir ini. Mulai dari kecepatan dan kualitas jaringannya berubah ke teknologi yang lebih baru. 

5. Tambahkan Perangkat Repeater 

Repeater menjadi solusis WiFi lambat. Perangkat ini bisa memperluas sinyal WiFi. Seperti yang diketahui, apabila jarak pengguna dengan letak router terlalu jauh, biasanya sinyal jaringannya akan melemah. Maka penggunaan repeater adalah solusinya. Alat repeater ini bisa dibeli di marketplace, beberapa juga dikeluarkan dari brand-brand perangkat elektronik ternama.

Selamat mencoba tips mempercepat WiFi, TIMES Lovers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES