Tekno

My Guide, Tongkat Pintar Tuna Netra Borong Juara di World Invention Competition and Exhibition

Jumat, 30 September 2022 - 08:08 | 49.97k
My Guide, Tongkat Pintar Tuna Netra Borong Juara di World Invention Competition and Exhibition
My Guide, Tongkat Pintar Tuna Netra Borong Juara di World Invention.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – My Guide, tongkat pintar terintegrasi GPS Tracker untuk tunanetra karya SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo borong 3 juara sekaligus di World Invention Competition and Exhibition Segi University Malaysia. Tongkat pintar untuk tunanetra My Guide ini menyabet juara karena bisa mempermudah orang tunanetra dalam melakukan pekerjaannya,

Tongkat ini memiliki 3 sensor yaitu sensor depan, kiri dan kanan, serta sensor air, serta dilengkapi dengan GPS Tracker yang dapat dikontrol oleh sanak saudaranya.

Pada World Invention Competition and Exhibition (WICE) di Segi University Kota Damansara Malaysia yang digela 25-30 September ini, M Guide berhasil menyabet 3 juara sekaligus, yakni medali emas, special award dan semi grand award.

malaisia.jpg

Tim tiset terdiri dari SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo ini terdiri dari empat orang, yakni Muhammad Anies Sya’roni, Ahmad Mujtaba Arafa, Regan Luay Aufa dan Lutfi Muhammad Raziq Alfredo dengan pembimbing Muhammad Syarifuddin, S.Pd., CIAR. Alat My Guide dirancang selama 3 bulan.

Anies, salah satu peneliti menjelaskan, tunanetra merupakan individu yang memilki keterbatasan fisik atau disabilitas kehilangan penglihatan yang diakibatkan indera penglihatan mereka tidak berfungsi. Tunanetra di bagi menjadi dua, yaitu totally blind atau buta, dan low vision.

Pada umumnya individu tunanetra memiliki hambatan dalam berkomunikasi, dan menyesuaikan lingkungan dengan diri sendiri. Keterbatasan tersebut mungkin menjadi hambatan dalam melakukan tugas-tugas perkembangan. 

malayia.jpg

Saat ini para penyandang tuna netra sangat kesulitan saat beraktifitas di lingkungan, karena keterbatasan yang dimilikinya, biasanya mereka mengguna tongkat biasa dalam berjalan dan meminta bantuan orang terdekat untuk memandunya. 

"Dari permasalahan tersebut kami membuat tongkat untuk para tuna netra dalam memudahkan dalam kehidupan sehari-hari yang mereka beri nama My Guide," ucapnya. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES