Politik

Gus Mujib, Sosok Inspiratif di Balik Wajib Madin Daftar Calon Bupati Pasuruan

Rabu, 01 Mei 2024 - 11:09 | 44.13k
H. Mujib Imron, atau yang akrab disapa Gus Mujib, bakal calon Bupati Pasuruan periode 2024-2029. (foto: dok TIMES Indonesia)
H. Mujib Imron, atau yang akrab disapa Gus Mujib, bakal calon Bupati Pasuruan periode 2024-2029. (foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – H. Mujib Imron, atau yang akrab disapa Gus Mujib, mantap melangkahkan kaki menuju kursi Bupati Pasuruan periode 2024-2029.

Sosok inspiratif di balik program Wajib Belajar Pendidikan Madrasah Diniyah (Wajib Madin) ini resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pilkada Pasuruan 2024, Rabu (1/5/2024) pagi.

Keberangkatan Gus Mujib dari kediamannya di Pondok Pesantren Al Yasini diiringi oleh para tokoh masyarakat dan kiai pengasuh pesantren di Kabupaten Pasuruan.

Dedikasi Tinggi untuk Pendidikan dan Kemajuan Pasuruan

Sebagai Wakil Bupati Pasuruan periode 2018-2023, Gus Mujib telah menunjukkan dedikasi tingginya dalam membangun Kabupaten Pasuruan. Ia tak hanya menjadi pendamping handal bagi Bupati Irsyad Yusuf, tetapi juga menjadi inisiator program Wajib Madin yang menuai sukses besar. Program yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 21 Tahun 2016.

Secara khusus, Wajib Madin ditujukan membentuk peserta didik untuk mendalami ilmu-ilmu agama Islam serta mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami ilmu yang mencakup tentang Qur’an, Hadist, Tauhid, akhlak, Fiqih, Bahasa Arab serta Tarikh Islam. Wajib Belajar Madin ini juga membangun sikap mental peserta didik untuk bersikap dan berperilaku jujur, amanah, disiplin, bekerja keras, mandiri, percaya diri, kompetitif, kooperatif, tulus, dan bertanggung jawab.

"Saya punya niatan luhur untuk menjaga keberlanjutan dan pengembangan program pemerintah Kabupaten Pasuruan, khususnya Wajib Madin untuk sekolah umum di tingkat dasar dan menengah. Mohon doa restunya," ujar Gus Mujib menegaslkan komitmennya dalam membangun generasi muda yang berlandaskan nilai-nilai agama dan berakhlak mulia.

Gus Mujib dikenal sebagai sosok yang peduli pendidikan. Saat menjabat Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan selama dua periode hingga tahun 2006 ia konsisten mendesakkan kebijakan strategis terkait pendidikan dan kepesantrenan terlihat sejak . 

Kegigihan Pengasuh PP Al Yasini Pasuruan ini dalam pengembangan pendidikan semakin kuat saat menjadi Ketua Lembaga Pendidikan Maarif PCNU Kabupaten Pasuruan periode 2016-2021. Atensi pada sektor pendidikan agama dan keagamaan juga ditunjukkan Gus Mujib saat menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2004 hingga 2009.

"Bagi saya, membangun daerah dan membangun Indonesia harus dimulai dari penyediaan kualitas sumberdaya manusia yang berkarakter keagamaan dan kebudayaan yang kuat, serta berpengetahuan luas dan keterampilan berdaya saing global," tegasnya.

Tekad Membangun Pasuruan Berkemajuan

Sebelum menjabat Wakil Bupati, Gus Mujib telah malang melintang di dunia politik dan pendidikan. Pengalamannya sebagai Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan selama dua periode dan Anggota DPD RI periode 2004-2009 telah mengasah kepemimpinannya. Ia memiliki visi yang jelas untuk membangun Kabupaten Pasuruan yang maju dan berkarakter.

Majunya Gus Mujib sebagai Calon Bupati Pasuruan dari PKB didasari oleh hasil survei yang menempatkannya di peringkat teratas. Dukungan dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, semakin memperkuat peluang Gus Mujib untuk memimpin Pasuruan ke arah yang lebih baik.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, Gus Mujib optimis dapat membawa Pasuruan menuju masa depan yang gemilang. Ia mengajak seluruh masyarakat Pasuruan untuk bersatu padu mendukungnya dalam mewujudkan cita-cita bersama.

Pilkada Pasuruan 2024 bukan hanya tentang politik, tetapi tentang masa depan Kabupaten Pasuruan. Gus Mujib, dengan pengalaman, visi, dan dedikasinya, merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Pasuruan menuju era baru yang penuh kemajuan dan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat.

"Mohon doa kepada semuanya, semoga niat luhur ini diikuti ikhtiar bersama dan takdir Allah SWT, demi menebar kemanfaatan dan maslahat," pinta Gus Mujib sesaat sebelum berangkat mendaftar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES