Wisata

Mengenang Jembatan Viaduc, Kawasan yang Melegenda di Kota Banjar

Senin, 28 November 2022 - 08:31 | 60.55k
Jembatan Viaduc di sore hari, jadi salah satu jembatan legendaris di Kota Banjar. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Jembatan Viaduc di sore hari, jadi salah satu jembatan legendaris di Kota Banjar. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARKota Banjar saat masih berstatus Kewadanaan sempat mengukir sejarah sebagai kota transit. Pada masanya, kota kecil yang dulunya masih menginduk ke Pemerintahan Kabupaten Ciamis memiliki karakteristik unik sebagai kota yang tak pernah tidur.

Pasalnya, sistem transportasi dulu Kota Banjar menjadi transit bagi penumpang yang akan menuju Kabupaten Pangandaran dan Jawa Tengah.

Maka beberapa lokasi sekitaran Terminal Bus yang dulu berada di Kawasan jalan Tentara Pelajar, kini berubah fungsi menjadi Gedung Serba Guna Griya Banjar Idaman (GBI) menjadi pusat keramaian dan berimbas pada tingkat perekonomian masyarakat.

Salah satu lokasi yang disorot dan dikenal melegenda hingga kini yaitu Jembatan Viaduc. Jembatan ini merupakan salah satu akses jalan menuju Pusat Kota Banjar yang berada di atas rel Kereta Api Stasiun Banjar.

Salah satu jembatan fly over di Kota Banjar ini menjadi saksi bisu bagaimana Kota Banjar sempat mengalami masa-masa kejayaannya sebagai Kota transit.

Dulu, jembatan ini sering menjadi transaksi prostitusi dimana beberapa PSK sengaja mangkal di atas jembatan untuk menawarkan jasa esek-eseknya.

Sudah menjadi rahasia umum, transaksi tersebut berlanjut ke penginapan kelas melati yang berjarak hanya beberapa meter dari jembatan.

Maka dikenalah Jembatan Viaduc sebagai salah satu kawasan prostitusi yang hingga kini masih melekat di masyarakat. Tak jarang pula, hingga saat ini beberapa PSK masih kedapatan menawarkan diri di atas jembatan tersebut.

Kendati memiliki kesan esek-esek, jembatan Viaduc yang kini sudah bermetamorfosis dengan polesan yang lebih cantik menjadi salah satu spot terbaik saat sedang berkunjung ke Kota Banjar.

Selain estetik, Jembatan Viaduc memiliki view yang unik karena di bawahnya terdapat pemandangan stasiun dengan rel-rel yang memanjang dihiasi perbukitan yang memanjakan mata.

Di sini, masyarakat juga tak sedikit yang mengajak buah hatinya untuk melihat kereta api yang tengah melintasi stasiun untuk memberi sedikit hiburan murah dan gratis.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Banjar, akan rugi jika belum berswafoto di atas Jembatan Viaduc yang menjadi salah satu jembatan yang legendaris di kota dengan empat kecamatan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES