Indonesia Positif

Humanis dan Simpatik, Aksi Satlantas Polres Banjar dalam Operasi Zebra Lodaya 2022

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:38 | 22.96k
Satuan Lalulintas Polres Banjar usai melakukan sosialisasi tertib lalulintas kepada sejumlah pengemudi Ojek Online. (Foto: dok Humas Polres Banjar)
Satuan Lalulintas Polres Banjar usai melakukan sosialisasi tertib lalulintas kepada sejumlah pengemudi Ojek Online. (Foto: dok Humas Polres Banjar)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Dalam periode Operasi Zebra Lodaya, anggota Satuan Lalulintas Polres Banjar terus berupaya untuk menciptakan sikap dan perbuatan humanis kepada masyarakat.

Tim Satlantas Polres Banjar melaksanakan pengaturan lalulintas di beberapa lokasi yang menjadi tempat penyeberangan anak sekolah maupun masyarakat umum.

Kendati dibawah guyuran hujan, petugas Polres Banjar secara humanis terlihat melaksanakan gatur lalulintas dan membantu menyeberangkan anak sekolah.

Adapun lokasi yang lalukan Gatur pagi diantaranya SMPN 1 dan SMPN 2 Banjar, Jalan Simpang 3 Procit, Depan Mako Polres Banjar, Jalan Simpang 3 SMPN 7 Banjar dan Jalan Simpang 3 Purwaharja.

Lama pengaturan arus lalu lintas di pagi hari dimulai dari pukul 06.15 WIB sampai Pukul 07.30 WIB yang rutin dilakukan setiap hari pada jam sekolah masuk.

Kasat Lantas Polres Banjar AKP Asep Saepuloh S.H. menyampaikan bahwa  anggota Lalulintas membantu anak sekolah untuk menyeberang jalan, dimana saat itu anak sekolah hendak masuk ke dalam lingkungan sekolah.

Polres-Banjar-a.jpg

"Petugas secara humanis mengatur arus lalulintas pagi hari, mengingat pagi hari merupakan jam sibuk dimana lalulintas padat di sekitar lokasi sekolah padat. Petugas kemudian membantu anak sekolah untuk menyeberang jalan," ucap Kasat Lantas, Selasa (11/10/2022).

Menurutnya, pengaturan lalulintas dengan cara humanis dilakukan petugas untuk membantu kenyamanan pengguna jalan terutama bagi para pelajar yang akan memulai harinya dengan belajar di Sekolah.

Operasi Zebra Lodaya tahun 2022 berjalan sesuai dengan arahan dimana operasi ini mengedepankan sisi humanis dan simpatik Polisi dari tim Satuan Lalulintas untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Ini juga terlihat dalam kegiatan sosialisasi dan imbauan kepada penarik ojeg online yang dilaksanakan satuan tugas (Satgas) Preemtif.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kanit Dikmas Satlantas Polres Banjar Ipda Sugeng Sulendro bersama KBO Intelkam ipda Agus Fredi Muharom, S.I.P.,M.Si. di Jalan Kapten Jamhur Kota Banjar.

"Ini dilaksanakan agar pengemudi ojeg online dapat meningkat kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, walaupun sejauh ini para pengedara Ojeg Online dinilai sudah tertib dalam mematuhi peraturan berlalu lintas," ucap Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.Si. melalui Kasubsi Penmas Si Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan, S.H.

Sementara itu terkait turunnya petugas Satlantas dalam pengaturan lalu lintas yang dilakukan secara humanis, Aipda Nandi menyampaikan bahwa dengan menjaga dan mengatur lalu lintas di saat-saat jam sibuk seperti pagi hari merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan Polres Banjar kepada masyarakat.

"Secara humanis ini dilakukan, agar anak-anak sekolah merasakan kehadiran Polisi di tengah-tengah mereka. Dan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Kepolisian untuk menciptakan rasa aman bagi pengguna jalan," jabarnya.

Aipda Nandi menyebutkan Polres Banjar juga melalui Sat Samapta turut serta membantu memberikan kenyamanan terhadap para pelajar dengan ikut membantu menyebrangkan para siswa yang akan memasuki lingkungan sekolah.

"Kami saling mensupport satu sama lainnya antar satuan untuk menciptakan Kamtibmas pada jam-jam sibuk lalu lintas di pagi hari," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES