Indonesia Positif

Survei Se-Jawa: Basis Partai NasDem Pilih Anies, Anies-AHY Paling Berpeluang Menang

Kamis, 06 Oktober 2022 - 10:13 | 205.63k
Survei pasangan Calon Presiden pada pilpres 2024 mendatang. Anies-AHY terlihat unggul. (FOTO: ist)
Survei pasangan Calon Presiden pada pilpres 2024 mendatang. Anies-AHY terlihat unggul. (FOTO: ist)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Survei di enam provinsi di pulau Jawa periode Agustus-September 2022 menunjukkan bahwa basis pemilih Partai Nasdem sebagian besar memilih Anies Baswedan sebagai calon Presiden. Selain itu, dalam simulasi 4, 3 maupun 2 pasangan, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul dari pasangan-pasangan calon lainnya.

"Ternyata keputusan Pak Surya Paloh untuk mendeklarasikan mas Anies sebagai capres Nasdem sejalan dengan keinginan akar rumput Nasdem. Ketajaman pak Surya sebagai politisi senior membaca aspirasi publik, patut diapresiasi," kata Dr. Sufyanto, peneliti utama lembaga survei The Republic Institute dalam keterangannya yang diterima, Kamis (6/10/2022). 

Menjelaskan keunggulan pasangan Anies-AHY dalam berbagai simulasi, Dr. Sufyanto mengungkapkan bahwa pasangan calon ini diuntungkan oleh persepsi publik yang positif. "Mas Anies dipersepsikan sebagai tokoh yang cerdas, dan berhasil membangun DKI Jakarta, dikombinasikan dengan persepsi tentang mas AHY sebagai tokoh politik muda yang tegas, dan berani menyuarakan aspirasi publik sebagai pemimpin oposisi," jelas Sufi.

Ini tercermin dari angka elektabilitas masing-masing. "Elektabilitas Anies sebagai Capres mencapai 16,9 persen, pada urutan ketiga, sementara elektabilitas AHY sebagai Cawapres mencapai 11,5 persen pada urutan kedua," papar mantan Ketua Bawaslu Jatim periode 2012-2017 ini.

Selain itu, ungkap Dr. Sufiyanto, "Pasangan Anies-AHY ini didukung secara solid oleh lebih dari 50 persen basis pemilih Demokrat, lebih dari 38 persen basis pemilih Nasdem dan lebih dari 31 persen basis pemilih PKS."

Dalam sesi tanggapan, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Muhammad menegaskan bahwa dalam Pilpres 2024, memang pilihan Cawapres akan menentukan siapa yang akan menang.

"Dengan tidak adanya Capres-capres yang memiliki elektabilitas yang menonjol, siapa yang dipilih sebagai Cawapres, akan menentukan siapa pasangan yang menang," kata Prof. Dr. Muhammad, yang juga mantan Ketua Bawaslu periode 2012-2017 mengingatkan, "Jadi, hati-hati dalam memilih Cawapresnya."

Wasekjen DPP Partai NasDem Hermawi Taslim mengapresiasi hasil survei ini. "Kita hakul yakin dengan Anies. Kita butuh pemimpin muda, dan energik," kata Hermawi, "Apalagi dengan dukungan partai-partai yang lain. Kita tunggu Demokrat segera deklarasi," ucapnya.

Sementara, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan Demokrat siap berkoalisi untuk menang dan Jawa menjadi salah satu wilayah yang diprioritaskan.

"Kalau melihat hasil survei ini, Anies-AHY memang menjadi opsi terbaik untuk memenangkan Pemilu 2024, dan sejumlah survei juga mengonfirmasikan hal yang sama. Yang jelas kita sama-sama mengusung semangat perubahan dan perbaikan." demikian Herzaky. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES