Indonesia Positif

Pengurus Wilayah Wanita Islam Alkhairaat Malut Perkuat Manajemen Organisasi

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 17:16 | 97.16k
Pembukaan pelatihan Perkuat Manajemen Organisasi Wanita Islam Alkhairaat Maluku Utara.(Foto: Ongki for TIMES Indonesia)
Pembukaan pelatihan Perkuat Manajemen Organisasi Wanita Islam Alkhairaat Maluku Utara.(Foto: Ongki for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Pengurus Wilayah Wanita Islam Alkhairaat Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar Pelatihan Penguatan Managemen Organisasi, bertempat di Asrama Haji, Ngade, Ternate, Sabtu (1/10/2022). 

Pelatihan dengan tema “Perempuan Berdaya Organisasi Kuat” ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Malut, Sri Harianti Hatari mewakili Sekretaris Daerah Drs. Samsuddin A Kadir. 

Ketua Pengurus Wilayah Wanita Islam Alkhairat Maluku Utara, Dra. Fahima Ar Bachmid dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan teknologi digital saat ini merupakan suatu tantangan organisasi kedepan.

“Untuk itu perlu membenahi diri untuk maju dengan berkembang, merespon dan beradaptasi dengan situasi yang ada,”ujar Fahima 

Oleh sebab itu, Pengurus Wilayah Wanita Islam berinisiatif melaksanakan kegiatan ini yang mengikutsertakan seluruh anggotanya di Maluku Utara.

Pembukaan-pelatihan-Perkuat-Manajemen-Organisasi-Wanita-Islam-Alkhairaat-a.jpgSuasana acara pelatihan Perkuat Manajemen Organisasi Wanita Islam Alkhairaat Malut.(Foto: Ongki for TIMES Indonesia)

“Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan kemampuan dan ketrampilam serta memahami tugas dan tanggungjawab anggota organisasi,” ungkapnya 

Fahima meminta kepada seluruh peserta dapat mengikuti acara dengan sebaik-baiknya agar materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat diterima dengan baik. 

Disamping memperkuat managemen organisasi, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi seluruh anggota Wanita Islam Alkhairaat di Maluku Utara. 

Ia menambahkan, seyogyanya kegiatan ini dilaksanakan 2 tahun lalu, namun pandemi covid-19 yang melanda seluruh wilayah NKRI sehingga belum dapat dilaksanakan. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Maluku Utara yang mendukung kegiatan PW Wanita Islam Alkhairaat. 

Sementara, Asisten II Setda Malut Sri Harianti Hatari menyampaikan bahwa era saat ini merupakan tantangan tersendiri bagi organisasi. Ada beragam hal yang harus dicermati, selain karena zamannya telah memasuki era disrupsi informasi dan teknologi yang terjadi begitu cepat disetiap waktunya, juga dengan bertambahnya anggota yang harus diurus dan menjamurnya organisasi sejenis. 

Namun demikian, kondisi ini harus menjadi motivasi yang kuat bagi wanita islam alkhairaat untuk terus meng-upgrade kapasitas dan pengetahuan pengurusnya dalam hal manajemen organisasi, agar SDM yang ada saat ini diharapkan bisa membangun dan menguatkan eksistensi organisasi selama masa kepengurusannya, juga bisa menyatukan visi dan kontribusi nyata membangun negeri ini.

Pembukaan-pelatihan-Perkuat-Manajemen-Organisasi-Wanita-Islam-Alkhairaat-b.jpgFoto bersama Pengurus Wilalyan Wanita Islam Alkhairaat Malut bersama Asisten II dan Kadis PPPA Malut.(Foto: Ongki for TIMES Indonesia)

Sri menambahkan,  Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau lebih dikenal dengan Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua sangat mengetahui bagaimana peran perempuan yang begitu besar dalam percaturan zaman dan dalam pembangunan sumber daya atau yang saat ini dikenal pendidikan karakter. 

”Wanita Islam Alkhairaat selain bertanggungjawab terhadap pembangunan agama, nusa dan bangsa, juga bertujuan membina putra-putri islam sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa hingga tercipta masyarakat yang kita banggakan,”ungkap Sri

Sri berharap WIA terus menjadi mitra pemerintah yang memiliki peran penting dalam mendukung dan mensuksekan sektor-sektor pembangunna di Maluku Utara. 

”Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan rahmat dan petunjukNya kepada kita semua,” kata Sri

Sri mengatakan, pelatihan penguatan manajemen organisasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemamouan, kualitas dan profesionalisme serta mempererat tali persaidaraan antar pengurus. 

”Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan,”imbuhnya 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas PPPA Malut Musrifah Alhadar, Kanwil Kemenag Malut, Kepala Sekolah SMA Alkhairaat Kalumpang. 

Pantauan TIMES Indonesia dilokasi, para peserta sangat antusias mengikuti paparan dari narasumber yang salah satunya dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Malut. (*) 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES