Indonesia Positif

Sosok Inspiratif: Abi Basyir Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Al Basyir Bogor

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:05 | 132.89k
Sosok Inspiratif: Abi Basyir.
Sosok Inspiratif: Abi Basyir.

TIMESINDONESIA, BOGOR – “Hari ini Harus lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik dari hari ini “ kata kata itulah yang senantiasa didengungkan oleh Abi basyir kepada segenap keluarga besar Pondok Pesantren Tahfizh Al basyir, sama dengan seringnya beliau menyampaikan “ semua yang Abi upayakan adalah untuk mencari ridho Allah semata”, oleh karena nya tidaklah heran jika hari ini Pondok Pesantren Tahfizh Al Basyir Bogor semakin berkembang dan terus berbenah mengupayakan yang lebih baik, Ashlah Fal Ashlah .

Diawali Pondok Pesantren untuk anak usia SD, dimana sangat jarang sekali Pondok Pesantren untuk tingkat usia belia, mengingat kerumitan tata kelola sistem pondok pesantren untuk anak-anak yang tidak hanya mengatur pembelajaran atau Ta’lim akan tetapi pembiasaan sehari – hari dipondok pesantren selama 24 jam, bisa dibayangkan tingkat kerumitan nya apalagi dengan Himmah Aliyah, cita-cita yang tinggi agar generasi muslim terbina dan terbentuk sejak dini pemahaman dan pengamalan agama dan pengetahuan akademiknya.

Abi-Basyir-dan-istri.jpg

Sebagai pimpinan dan pengasuh ia tidak hanya mengasuh santri–santri tetapi juga staf pengajar, pembimbing kamar tidak lepas dari motifasinya. Akan tetapi dengan ghiroh dan perjuangannya hari ini sebuah model pondok pesantren tingkat SD yang mapan dalam segala bidang pengetahuan,

Pada tahun 2011, ia mendirikan sekolah lanjutan tingkat SMP yang juga berbasis pondok pesantren Tahfizh, dengan program 30 juz. Dengan keterbukaan pemikiran beliau untuk membuat model Pondok Pesantren berbasis Tahfizh qur’an namun juga tidak mengabaikan pembelajaran Turosti (kitab kuning) dan akademik ilmu umum. Dilakukan juga study banding hingga saat ini berdiri kokoh dengan megah dan percaya diri Pondok pesantren SMP dan SMA Tahfizh AL Basyir.

Di luar perjuangan Abi Basyir di bidang pendidikan, peran keulamaan tetap beliau jalankan dengan gigih tetap membimbing jemaah. Baik di lingkungan pondok pesantren atau di luar pondok pesantren, membimbing jamaah haji dan umroh.

Satu hal lagi Abi Basyir akrab sekali dengan para kiai di Kabupaten Bogor, hingga sebulan sekali para kyai bisa berkumpul bersilaturahmi di Pondok Pesantren Tahfizh Al Basyir Bogor dalam wadah pengajian dan Bahtsul Masail. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES