Indonesia Positif

6 Program Unggulan MAN 1 Kota Malang, Ada Ruang Moderasi Beragama

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:44 | 74.85k
Siswa MAN 1 Kota Malang saat menunjukan karya Robotic. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Siswa MAN 1 Kota Malang saat menunjukan karya Robotic. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Berbagai cara dilakukan MAN 1 Kota Malang guna meningkatkan prestasi hingga memberikan pendidikan karakter berkualitas kepada anak didiknya. Setidaknya, ada enam program unggulan untuk meningkatkan prestasi anak didiknya di bidang akademik maupun non akademik.

Diketahui, MAN 1 Kota Malang telah meraih berbagai prestasi bergengsi di tingkat Provinsi, Nasional hingga Internasional. Di tahun 2022 ini, lima siswa MAN 1 Kota Malang sudah mendapat prestasi tingkat internasional di Lomba Bisnis Saintifik Inasec yang diselenggarakan oleh Sustainable Development Goals (PBB), Center Innovative Learning, United Diversity.

Tak hanya itu, dua siswa MAN 1 Kota Malang juga mendapat prestasi tingkat nasional dengan meraih medali emas Lomba KTI ISPO Indonesia Science Project Olympiade 2022 dan lima siswa MAN 1 Kota Malang meraih emas dalam kompetisi LKTI NASPO (National Applied Science Project Olympiade).

Lalu, apa saja program unggulan MAN 1 Kota Malang hingga melahirkan berbagai prestasi bergengsi ?

Pertama, MAN 1 Kota Malang memiliki Kelas Digital yang merupakan proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi modern. Hal ini dilakukan demi menjajaki era 4.0 saat ini.

"Yang berbeda dengan Ruang Kelas pada umumnya adalah perangkat yang digunakan untuk Kelas Digital, yakni perangkat teknologi informasi yang bisa mendukung kegiatan belajar serta bis menjangkau informasi lebih luas lagi," ujar Kepala MAN 1 Kota Malang, DR Binti Maqsudah, Sabtu (1/9/2022).

Kedua, ada program Desain Produk yang merupakan rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang lebih fungsional, ergonomis dan estetis.

"MAN 1 Kota Malang mempunyai kegiatan program unggulan yaitu Desain Produk yang melatih siswa lebih mahir dan mandiri dalam berkreasi," katanya.

Ketiga, yakni program Riset atau penelitian yang sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun dan sistematis. Tujuannya tentu untuk menemukan, menginterpretasikan dan merevisi fakta-fakta.

MAN-1-Kota-Malang-b.jpgRuang Moderasi Beragama milik MAN 1 Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

"MAN 1 Kota Malang mempunyai program unggulan Riset yang dimana untuk menunjang peserta didik dalam meraih prestasi baik tingkat kota/kabupaten, provinsi maupun nasional," ungkapnya.

Menariknya, program unggulan keempat ini adalah program yang baru saja diluncurkan sekitar 18 September 2022 lalu. Program tersebut merupakan Ruang Khusus Moderasi Beragama. Apalagi, salah satu siswa MAN 1 Kota Malang juga telah didapuk sebagai Duta Moderasi Beragama.

Hal ini tentu sejalan dengan penguatan moderasi beragama dari Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam beberapa tahun terakhir.

Ruang khusus moderasi beragama berada di puncak gedung MAN 1 Kota Malang, tepatnya diatas Foodcourt yang juga baru saja selesai dibangun.

"Kita support visi Kemenag tentang penguatan moderasi beragama. Ada satu siswa MAN 1 Kota Malang yang juga menjadi duta moderasi beragama. Kami punya kewajiban memberi pemahaman kepada siswa untuk menghargai pemeluk agama lain, keragaman budaya dan bahasa," bebernya.

Adapula Tim Moderasi Beragama yang sudah dibentuk. Fungsinya, untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya persatuan, kerukunan, toleransi dan sikap saling menghargai perbedaan.

"Melalui program ini, saya harap ada interaksi antar siswa dari beragam agama, sehingga mereka bisa belajar saling menghargai dan menghormati dalam keragaman," imbuhnya.

MAN-1-Kota-Malang-c.jpgSiswa dan siswi MAN 1 Kota Malang saat proses melakukan karya seni lukis. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Kelima, ada program Tahfidzul Qur'an yang dimana MAN 1 Kota Malang memberikan peluang kepada siswa siswinya yang ingin memperdalam hafalan Al-Quran.

"Caranya melalui setoran ke guru pembina setiap dua Minggu sekali. Target minimal 2 juz. Sehingga, ketika turun ke masyarakat para siswa kami setidaknya bisa memanfaatkan kemampuannya ini saat menjadi imam Shalat," ucapnya.

Program unggulan keenam dan tak kalah penting adalah Pro IT atau MITC yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang didedikasikan kepada siswa siswi untuk mengembangkan bakat minat kemampuan mereka.

"MAN 1 Kota Malang mempunyai salah satu program unggulan yang kerap muncul dalam perlombaan tingkat Kota/Kabupaten. Ini menjadi unggulan kita yang tentunya juga harus di dorong," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES