Indonesia Positif

SMAN 1 Pacitan Berkomitmen Tanamkan Nilai Pancasila pada Siswa

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 13:12 | 47.29k
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila cara SMAN 1 Pacitan tanamkan nilai Pancasila pada siswa. (Foto: Adi Supratikto for TIMES Indonesia)
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila cara SMAN 1 Pacitan tanamkan nilai Pancasila pada siswa. (Foto: Adi Supratikto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANSMAN 1 Pacitan, Jawa Timur berkomitmen untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa. Terbukti, dengan adanya momentum Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 ini, pihak sekolah menggelar upacara.

Kepala SMAN 1 Pacitan Adi Supratikto mengatakan, cara tersebut merupakan upaya untuk memperkuat pendidikan karakter bangsa, khususnya bagi siswa.

"Sesuai momentum Hari Kesaktian Pancasila ini, pertama untuk penguatan kembali pendidikan karakter bangsa bagi para siswa. Utamanya nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," katanya, Sabtu (1/10/2022).

SMAN-1-Pacitan-b.jpgKepala SMAN 1 Pacitan Adi Supratikto dan Camat Pacitan, Sugiyem. (Foto: Adi Supratikto for TIMES Indonesia)

Menurut pria yang juga Ketua Jejaring Mandala Pancasila Pacitan itu, karakteristik bangsa perlu dibentuk sejak dini secara aktual agar lebih relevan dengan perkembangan zaman seperti yang digalakkan oleh pemerintah saat ini.

"Itu yang relevan dengan kondisi sekarang, yang mana pemerintah sedang menggalakkan hal itu sampai membentuk Badan Pengarah Ideologi Pancasila atau BPIP," terang Adi kepada TIMES Indonesia usai upacara.

Kendati demikian, lanjut dia, pemerintah tidak perlu khawatir akan ideologi bangsa yang disinyalir mulai tergerus. Pihaknya berharap, Pemkab Pacitan segera melakukan sosialisasi penguatan nilai Pancasila di seluruh elemen masyarakat.

"Pemerintah tidak perlu khawatir, justru kami sudah memulai dari lingkup kerja atau sekolah. Dengan ini, semoga tercipta para pelajar yang mampu mengimplementasikan dan menginternalisasikan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

SMAN-1-Pacitan-c.jpg

Upacara Hari Kesaktian Pancasila kali ini diikuti oleh seluruh siswa SMAN 1 berjumlah 856 ditambah guru dan karyawan sebanyak 86 orang. Sedangkan yang bertindak sebagai Inspektur adalah Camat Pacitan, Sugiyem. Seluruh siswa berpakaian Pramuka lengkap karena bersamaan dengan penerimaan tamu ambalan di sekolah.

"Sesuai arahan Bupati Pacitan, di setiap kegiatan formal, selain menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga membaca teks Pancasila yang ditirukan bersama-sama. Sehingga benar-benar didalami," tutur Kepala SMAN 1 Pacitan, Adi Supratikto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES