Indonesia Positif

Realisasi Langkah Konkret Menuju Level Internasional SD Tahfidz Al Basyir Bogor Perkuat Bahasa Asing

Jumat, 30 September 2022 - 08:32 | 47.94k
Kegiatan Bahasa SD Tahfidz Al Basyir.
Kegiatan Bahasa SD Tahfidz Al Basyir.

TIMESINDONESIA, BOGORSD Tahfidz Al Basyir Bogor perkuat bahasa asing untuk merealisasikan sebagai sekolah dasar level internasional.

“Pembelajaran bahasa asing di sekolah ini sangat penting, mengingat bahasa merupakan sarana berkomunikasi antar individu. Terutama bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa internasional di era globalisasi ini. Dengan demikian anak-anak akan terlatih berbahasa asing dan menjadi bekal di masa mendatang. Kelak mereka akan lebih siap dengan tantangan zaman yang akan mereka hadapi,” tutur ketua divisi bahasa SD Tahfidz Al Basyir Rizky Anil Barqilah, Selasa (13/09/22).

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang harus dipelajari. Kenapa? Karena bahasa Inggris sudah digunakan oleh berbagai negara sebagai alat komunikasi dengan orang asing di negaranya. Era digital yang semakin canggih berkomunikasi dapat dengan cepat dan mudah melalui media sosial. Kerja sama yang dilakukan antar negara menyebabkan adanya komunikasi antar negara. Begitupun dengan mudahnya kita temui wisatawan asing yang datang ke Indonesia sehingga anak-anak tidak akan sulit dan berani untuk berkomunikasi menggunakan bahasa asing.

Bahasa Arab perlu sekali dikuasai sejak dini oleh siswa karena dalam agama islam mulai dari berdoa, sholat dan membaca ayat suci Al Quran menggunakan bahasa Arab sehingga memudahkan mereka untuk menghafal Al Quran. Bahasa Arab ditetapkan sebagai bahasa internasional karena adanya kerja sama antara negara di Timur Tengah dengan negara lain sehingga mengharuskan untuk berkomunikasi. Selain itu sumber peradaban dan  keilmuan modern berasal dari kitab atau kaidah ilmu islam arab pada zaman dahulu. Bahasa tertua yaitu bahasa Arab serta negara-negara Eropa banyak mengadopsi istilah atau kosakata dari bahasa arab.

Mengapa belajar bahasa asing di tingkat SD perlu? Bukankah masih jauh menuju tingkat perkuliahan dan dunia kerja? Karena pada usia kanak-kanak perkembangan otak berada pada fase golden age sehingga proses penyampaian ilmu akan cepat dipahami, mental anak akan terlatih serta lebih siap ketika melanjutkan pembelajaran bahasa asing yang lebih kompleks, menambah wawasan anak dan mengembangkan kemampuan/keterampilan anak dalam berbahasa asing. Anak-anak dapat mempraktikkan apa yang sudah mereka pelajari ketika bertemu dengan orang asing yang ada di Indonesia pun luar negeri. 

Banyaknya faktor menjadi alasan SD Tahfidz Al Basyir memperkuat bahasa asing. Salah satu tujuannya adalah mengenalkan anak-anak bahasa asing seperti Inggris/Arab agar terbiasa terlatih dan terampil dalam berbahasa Arab maupun Inggris.

Pembiasaan ini selain mempermudah peserta didik menjadi siswa yang berbakat dan terampil berbahasa, ini juga akan menjadi bekal siswa di kancah internasional yang berdaya saing global. Adapun kegiatan yang dilakukan tim bahasa adalah sebagai berikut:

Arabic day dan English day, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari senin di minggu ke 2 dan 3 setiap bulan pada pukul 07.00 – 08.00, siswa yang mengikuti dari tingkat kelas 1 sampai kelas 6,  materi yang diajarkan yaitu : percakapan, kosakata, kata sapaan, dan quotes di setiap akhir pembelajaran. Media penyampaian menggunakan powert point.

Kegiatan intinya adalah setelah kosakata di sampaikan, maka anak-anak menghafal dengan cara bernyanyi menggunakan bahasa Arab/Inggris, tanya jawab dari materi yang disampaikan, permainan bahasa, evaluasi dan hafalan quotes sebelum pembelajaran selesai. Quotes yang sudah disampaikan di kegiatan Arabic/English Day lalu dibagikan kembali oleh dewan guru via status WA. Hal ini berarti seluruh dewan guru ikut berperan serta dalam mensukseskan program Bahasa di SD Tahfidz Al Basyir.

Arabic Club dan English Club, merupakan salah satu ekskul pilihan yang dilakukan setiap hari sabtu pada pukul 10.00 – 11.00, yang ikut dalam kegiatan ini adalah kelas 3 sampai kelas 6, dengan materi yang berbeda setiap minggu. Adapun materinya yaitu, percakapan Bahasa Arab/Inggris, kosakata dalam modul serta menjodohkan kosakata, belajar menulis atau menyambung huruf, story telling, dan menonton Film yang berbahasa Arab/Inggris sebagai hiburan juga media pembelajaran.

Pentas seni bahasa, yaitu sebagai acara puncak dari kerja keras tim bahasa selama 1 tahun dengan menampilkan siswa/siswi SD Tahfidz Al Basyir baik penampilan secara personal atau kelompok. Penampilan siswa/siswi pada kegiatan ini adalah: perkenalan bahasa Arab/Inggris, pidato 2 bahasa, puisi, story telling, menyanyi Arab dan Inggris dengan gerakan (perkelas), dan drama musikal. Penampilan siswa tersebut merupakan hasil kinerja dari Divisi Bahasa dan anak-anak yang sudah belajar dengan baik. Melatih mereka untuk bisa dan terampil tampil di depan umum dengan berbahasa Inggris/Arab.

Divisi Bahasa sudah menjalankan program ini selama 2 tahun bekerja sama dengan seluruh dewan guru Pondok Pesantren SD Tahfizh Al Basyir. “selain guru bahasa Arab/Inggris, wali kelas dan guru mapel lain juga sering mempraktikkan bahasa Inggris/Arab dalam memulai pembelajaran seperti mengucapkan greeting sebelum belajar, menanyakan kabar, dan ketika mau izin ke toilet atau yang lain harus menggunakan bahasa Arab/Inggris, ”ujar Sakhi, siswi kelas 3 SD Al Basyir.

Untuk mempersiapkan anak-anak mahir dalam bahasa Inggris maupun Arab, Divisi Bahasa SD Tahfidz Al Basyir Bogor berencana membuat program baru yaitu Pekan Bahasa dimana anak-anak berbicara sehari-hari menggunakan Bahasa Arab/Inggris secara bergantian setiap minggu. Program ini bertujuan agar siswa lebih terlatih berbahasa asing dalam kehidupan sehari-hari dengan kosakata yang sudah dihafalnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES