Olahraga

Amankan Laga Arema FC Vs Persebaya, Polres Malang Siapkan 2.034 Personel

Jumat, 30 September 2022 - 17:46 | 27.61k
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat ketika meninjau langsung pengamanan laga kandang Arema FC di Stadion Kanjuruhan. (Foto : Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat ketika meninjau langsung pengamanan laga kandang Arema FC di Stadion Kanjuruhan. (Foto : Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pengamanan laga Arema FC vs Persebaya menjadi atensi Polres Malang. Untuk menyukseskan laga big match yang digelar Sabtu (1/10/2022), di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Polres Malang menyiapkan 2.034 personel gabungan.

Personel gabungan untuk pengamanan Arema FC v Persebaya yang dikoordinir Polres Malang yakni TNI, Polri, Satpol PP, Tim kesehatan dan Match Steward. Selain itu, juga disiapkan sebanyak 50 personel cadangan.

Personel cadangan ini disiapkan di Mako Polres Malang, Kepanjen. Dikutip dari keterangan tertulis Humas Polres Malang, Jumat (30/9/2022), Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menjelaskan skema pengamanan.

"Untuk Skema pengamanan, Polres Malang juga meminta bantuan dari Polres penyangga. Tujuannya untuk memberikan pelayanan pengamanan di titik-titik perbatasan wilayah untuk mengamankan Aremania dari luar wilayah Malang Raya," ujar AKBP Ferli Hidayat.

Lebih lanjut dia mengatakan, Jauh hari sebelum pertandingan, Polres Malang juga telah memberikan imbauan baik secara langsung dan melalui media sosial kepada masyarakat khususnya Aremania.

"Tentunya pesan yang kami berikan untuk turut menjaga Kamtibmas menjelang pertandingan," kata Perwira Menengah atau Pamen Kepolisian dengan dua melati di pundaknya tersebut.

Menurutnya, Polres mendukung keputusan Panpel Arema FC yang tidak menghadirkan Bonek Mania away ke Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Selain karena tidak ada kuota, hal ini semata-mata juga demi menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata mantan Kasubag Bungkol Sipripim Mabes Polri ini.

Sedangkan Untuk Skema pengamanan, kata dia, Polres Malang juga meminta bantuan dari Polres penyangga memberikan pelayanan pengamanan di titik-titik perbatasan wilayah. Tujuannya untuk mengamankan Aremania dari luar wilayah Malang Raya.

"Kami sudah melakukan koordinasi denga Polrestabes Surabaya dan Polres Pasuruan untuk membantu pengamanan bagi Aremania yang ingin perjalanan ke Malang menonton pertandingan Arema," jelasnya.

Kapolres-Malang-2.jpgKapolres Malang AKBP Ferli Hidayat ketika Silaturahmi dengan Aremania jelang laga Arema FC VS Persebaya. (Foto : Humas Polres Malang for TIMES Indonesia).

AKBP Ferli Hidayat menegaskan, Polres Malang juga telah mengkampanyekan sportifitas melalui berbagai media sosial, jelang pertandingan Arema FC VS Persebaya.

"Rivalitas hanya 90 menit selama pertandingan di lapangan," tegasnya. AKBP Ferli Hidayat mempunyai harapan, pertandingan nanti bisa jadi contoh bagi pecinta sepak bola tanah air.

Masih kata orang nomor satu di Polres Malang ini, bahwa sebenarnya sepak bola bukanlah pemecah, namun sebagai pemersatu masyarakat.

"Kita berharap nanti kedepan suatu ketika sebagaimana kita bisa menerima supporter lainnya, kelak kedua belah pihak Aremania dan Bonek Mania bisa menyatu dalam satu Tribun," terangnya.

Sementara itu, dia juga telah mendengar keluhan dari berbagai supporter mengenai calo. Pihak Keamanan juga telah melakukan pendekatan dengan mereka.

AKBP Ferli Hidayat telah berkoordinasi dengan pihak Panpel Arema FC untuk terus menertibkan para calo, namun tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan. Pihak Panpel Arema FC akan menerbitkan ketentuan penjualan harga eceran tertinggi untuk tiket yang dibeli para calo.

"Sedangkan untuk mengantisipasi membludaknya penonton yang melebihi kapasitas di Stadion Kanjuruhan. Ferli juga menegaskan kepada pihak Panpel Arema FC untuk tidak mencetak tiket melebihi kapasitas Stadion," bebernya gamblang.

Terakhir, orang nomor satu di Polres Malang ini mengimbau kepada seluruh suporter baik itu Aremania maupun Bonekmania tidak terprovokasi guna menjaga Kamtibmas Kondusif khususnya pada laga Arema FC vs Persebaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES