Adv

Pentingnya Pendidikan Karakter, MIN 1 Kota Malang Bekali Siswa dengan 5S

Jumat, 30 September 2022 - 16:09 | 78.52k
Nampak depan pintu gerbang MIN 1 Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Nampak depan pintu gerbang MIN 1 Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tak henti-hentinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 1 Kota Malang menguatkan pendidikan karakter kepada 1.543 siswa dan siswinya.

Salah satu metode yang MIN 1 Kota Malang terapkan, yakni dengan membekali siswanya untuk fokus pada karakter 5S.

Kepala MIN 1 Kota Malang, Suyanto menyampaikan bahwa seluruh tenaga pengajar di lingkungannya diminta untuk menularkan 5S kepada siswanya, yakni Senyum, Sapa, Salam, Salim dan Santun.

"Bukan hanya itu saja, kita juga mengajarkan kepada mereka suka menolong, maaf dan terimakasih. Itu menjadi fokus kita mendidik karakter siswa disini (MIN 1 Kota Malang)," ujar Suyanto, Jumat (30/9/2022).

MIN-1-Kota-Malang-2.jpgKepala MIN 1 Kota Malang, Suyanto saat ditemui awak media. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Selain itu, lanjut Suyanto, keteladanan yang dipraktikan Kepala Madrasah dan bapak ibu guru akan dilihat siswa dan siswinya. Sehingga, mereka akan mengikuti perbuatan baik yang dilakukan bapak ibu guru mereka di sekolah.

Seperti halnya, menerapkan aturan tidak boleh menggunakan botol minuman plastik dan lain sebagainya. Hal ini menjadi salah satu metode penting juga dalam mendidik karakter siswa siswi MIN 1 Kota Malang.

Apalagi, MIN 1 Kota Malang juga memiliki program dering Subuh. Program ini dibuat untuk memantau apakah anak-anak sudah Shalat subuh atau belum.

"Bapak ibu gurunya juga sudah saya pastikan mereka ikut Shalat Subuh berjamaah di masjid. Ada program Dhuha Time juga. Awalnya dari bapak ibu guru, kemudian karyawan dan nanti diikuti anak-anak. Ini bermula dari keteladanan dan diri sendiri," ungkapnya.

Sementara, MIN 1 Kota Malang juga memiliki dua kunci sukses dalam mendidik siswa siswinya berprestasi. Pertama, belajar bermakna dalam setiap pelajaran apapun. Lalu kedua, manajemen keteladanan yang dipraktikan dan dicontohkan langsung oleh tenaga pengajarnya.

Suyanto menyebutkan, setidaknya tidak kurang dari 1.000 prestasi diraih setiap tahunnya oleh MIM 1 Kota Malang mulai tingkat regional, nasional dan internasional.

Setiap tahun, MIN 1 Kota Malang selalu aktif mengikuti kegiatan dan perlombaan guna menguji kemampuan mereka mulai bidang akademik hingga non akademik.

Prestasi ini didasari dari sisi pembelajaran yang memang dua kali lipat lebih giat dibandingkan sekolah umum. Di madrasah, mata pelajaran umum memang sama persis dengan sekolah umum, namun ada tambahan lima mata pelajaran agama dan juga pelajaran program tahfidz.

"Rahasianya adag belajar bermakna. Setiap pembelajaran harus dicari intinya. Target kompetisi apa yang harus dimiliki oleh putra dan putri kita. Tidak melulu materi, tapi bisa praktek," bebernya.

MIN-1-Kota-Malang-3.jpg

Suyanto mencontohkan, seperti halnya belajar IPA  tentang hidup bersih. Maka mereka harus bisa praktik dan membiasakan pola hidup bersih hingga yang paling gampang.

Kalau persoalan akhlak dan akidah, maka siswa siswi MIN 1 Kota Malang harus bisa melakukannya. Contoh lainnya, dalam pembelajaran Alquran dan Hadist. Siswa siswi harus bisa menggemari hal tersebut. Ini lah yang ditanamkan oleh MIN 1 Kota Malang kepada anak didiknya.

"Jadi setiap mata pelajaran kita cari core-nya (intinya). Itulah yang akan menjadi spesifikasi dari masing-masing pelajaran," katanya.

Pendidikan karakter pun melalui pengenalan Cinta Nusantara dan Budaya pun juga ditanamkan oleh MIN 1 Kota Malang kepada anak didiknya.

"Ini juga bagaimana kita bisa mendidik mereka bangga menjadi masyarakat Indonesia. Harus menyenangi budaya, pakaian, makanan dan kesenian. Semua kita kenalkan ke mereka," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES