Peristiwa Daerah

Bupati Taliabu Aliong Mus Beberkan Hasil Rapat Pengarahan Presiden RI Jokowi

Jumat, 30 September 2022 - 10:25 | 22.16k
Rapat pengarahan Presiden RI Jokowi yang diikuti semua gubernur, wali kota, bupati, Menko, dan seluruh menteri di kabinet Indonesia  Maju di Jakarta. (Foto: Doc Kepresidenan for TIMES Indonesia)
Rapat pengarahan Presiden RI Jokowi yang diikuti semua gubernur, wali kota, bupati, Menko, dan seluruh menteri di kabinet Indonesia Maju di Jakarta. (Foto: Doc Kepresidenan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TALIABUBupati Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara Aliong Mus membeberkan hasil mengikuti rapat pengarahan Presiden RI Jokowi yang dilaksanakan  di Jakarta.

Bupati Taliabu mengatakan, rapat pengarahan Presiden RI Jokowi dihadiri oleh semua gubernur, wali kota, bupati, Menko, dan seluruh menteri di kabinet Indonesia  Maju.

“Pengarahan Presiden RI Jokowi berfokus pada penuntasan kemiskinan ekstrim di Indoensia. Hal ini karena kondisi global di dunia yang semakin tidak ada kepastiannya,” kata Bupati Taliabu, Jumat (30/9/2022).

Bupati Taliabu menyebutkan, semua daerah harus bahu membahu untuk bekerja sama menuntaskan kemiskinan ekstrim di Indoensia.

“Presiden bilang semua harus kerja sama tuntaskan kemiskinan di Indoensia dengan cara menjaga inflasi harga yang ada di daerah masing-masing,” kata Bupati Taliabu.

Aliong Mus melanjutkan, penuntasan kemiskinan bisa memanfaatkan anggaran tak terduga di APBD masing-masing daerah, maupun anggaran transfer umum dari pusat untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada daerah.

Aliong Mus juga menjelaskan apa yang disampaikan oleh Presiden RI Jokowi tentang kehati-hatian semua pemangku kepentingan dari pusat sampai ke daerah,

Kehati-hatian yang ditekankan Presiden RI Jokowi, jelas Aliong Mus, yakni  tentang ketidakpastian ekonomi  global yang  sangat sulit untuk  diprediksi, sulit dikalkulasi, dan sulit  dihitung. Termasuk juga krisis  pangan di 82 negara dan 19 ribu orang di dunia meninggal  karena kelaparan..

“Ada banyak pengarahan Prisiden RI Jokowi. Tetapi, yang sangat penting adalah ketidakpastian ekonomi dunia dan dampak yang ditimbulkan. Oleh karena itu kita harus peka dengan hal kecil-kecil di daerah yang kita pimpin,” kata Aliong Mus.

Aliong Mus menambahkan, kepekaan yang  harus diperhatikan mulai dari memantau harga cabe, tomat, tahu, tempe, bawang telur, minyak goreng, dan bahan-bahan pokok lainnya.  

Adanya pemantauan yang ketat tersebut, kata Aliong Mus, diharapkan agar kebutuhan bahan pokok tersebut tetap bisa dijangkau oleh masyarakat.

“Jika tidak terpantau serius, bisa berpengaruh kepada kondisi daerah dan negara” tegas dia.

Aliong Mus juga meminta masyarakat Kabupaten Taliabu untuk membeli produk buatan Indonesia sebagai tindak lanjut Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia.

 “Saya juga mengajak kepada masyarakat Taliabu untuk beli produk buatan Indpnesia, UMKM di Taliabu, dan produk koperasi. Karena produk Indonesia juga bagus-bagus, langkah ini sebagai bentuk dukungan bersama untuk memajukan Indonesia kedepan nanti,” pungkas Bupati Taliabu Aliong Mus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES