Peristiwa Daerah

KUA Babat Lamongan Launching Pusaka Sakinah

Selasa, 27 September 2022 - 17:15 | 67.91k
Peresmian program Pusaka Sakinah di KUA Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Selasa (27/9/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Peresmian program Pusaka Sakinah di KUA Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Selasa (27/9/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Babat mendapat kepercayaan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI sebagai KUA yang memiliki Pusat Layanan Keluarga Sakinah atau Pusaka Sakinah dan telah diresmikan hari ini, Selasa (27/9/2022).

"Program ini bertujuan untuk penguatan keluarga, menekan angka perceraian, kekerasan dalam rumah tangga serta mengantisipasi problematika pernikahan lainnya," kata Kepala Kantor Kemenag Lamongan, Fausi, setelah meresmikan Pusaka Sakinah di KUA Babat.

Fausi berharap program Pusaka Sakinah ini mampu menekan angka perceraian, mampu membina keharmonisan dalam berumah tangga dan mampu mengurangi persoalan seputar pernikahan yang dihadapi oleh masyarakat, khsusnya di Kecamatan Babat.

"Mudah-mudahan Pusaka Sakinah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang ada di Kecamatan Babat. Dengan berbagai program yang ada, semoga ini bisa terus diakses oleh masyarakat dengan tujuan yang bagus dan berkah. Sehingga juga mampu mewujudkan keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah," ucap Fausi.

Sementara itu Kepala KUA Babat, Susyanto, mengatakan Program Pusaka Sakinah sebenarnya sudah dilakukan tiga kali pertemuan dan pada pertemuan ketiga ini Pusaka Sakinah diresmikan oleh Kepala Kantor Kemenag Lamongan.

"Pusaka Sakinah ini memiliki 3 program unggulan, meliputi belajar rahasia nikah (Berkah), konseling mediasi, pendampingan dan advokasi (Kompak), dan layanan bersama stakeholder untuk ketahanan keluarga Republik Indonesia (Lestari)," tuturnya.

Susyanto mengungkapkan, problematika pernikahan yang dihadapi oleh KUA Babat selama ini cukup tinggi. Pada tahun 2021, kasus perceraian di Kecamatan Babat ada sebanyak 168 perkara, tahun 2022 ada 138 perkara.

"Oleh karena itu program Pusaka Sakinah ini diharapkan bisa benar-benar menekan angka perceraian dan kasus KDRT," kata Susyanto.

Selain program Pusaka Sakinah, Susyanto mengatakan, KUA Babat juga menggelar kegiatan Bimbingan Perkawinan Pasca Nikah bagi puluhan pasangan yang usia pernikahannya kurang dari 10 tahun.

"Semoga program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta bermanfaat bagi masyarakat. Semoga para pasangan ini juga selalu bahagia lahir batin, Sakinah Mawaddah Warahmah," ucapnya.

Untuk diketahui, KUA Babat menjadi KUA kedua di Kabupaten Lamongan yabg memiliki layanan Pusaka Sakinah, setelah KUA Paciran yang telah diresmikan tahun 2021 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES