Indonesia Positif

Sanankerto Malang Jadi Destinasi Desa Wisata Ramah Berkendara

Selasa, 27 September 2022 - 06:24 | 24.21k
Pelepasan peserta jelajah desa wisata ramah berkendara Desa Sanankerto, Malang. (Foto: Istimewa)
Pelepasan peserta jelajah desa wisata ramah berkendara Desa Sanankerto, Malang. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGDesa Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang terpilih sebagai destinasi desa wisata ramah berkendara. Peresmian Landmark Desa dan Festival Pasar Rakyat sebagai Rangkaian Festival Kreatif Lokal 2022 di Malang yang digelar oleh Adira Finance, Senin (26/9/2022).

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian program CSR Festival Kreatif Lokal 2022 ini diselenggarakan dengan mengajak komunitas pencinta otomotif untuk melakukan touring atau berkendara ke desa wisata dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Sanankerto.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Festival Kreatif Lokal 2022 adalah program CSR tahunan Adira Finance yang bertujuan untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia.

Pihaknya mengajak sahabat-sahabat dari komunitas motor untuk touring bersama dan merasakan pengalaman liburan yang unik di Desa Wisata Sanankerto.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan Desa Sanankerto sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif, sekaligus memberikannya predikat sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara,” jelas Swandajani Gunadi, Direktur Marketing Adira Finance.

Adira Finance dan Kemenparekraf RI memilih Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

Sanankerto-Malang-2.jpgSuasana keseruan Festival Pasar Rakyat.

Selain itu, Desa Sanankerto memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti Kawasan Wisata Boon Pring, Hutan Bambu Desa Wisata Sanankerto, hingga menyusuri Sungai Andeman.

Kepala Desa Sanankerto M. Subur bersama pelaku UMKM menyambut baik program Festival Kreatif Lokal 2022 dan berterima kasih kepada Adira Finance sebagai mitra dari Kemenparekraf RI yang telah mendukung pengembangan Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara.

"Semoga lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Desa Sanankerto,” ungkapnya. 

Termasuk dalam Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Sanankerto, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat di Pasar Turen Malang yang bertujuan untuk menjadikan pasar rakyat di daerah desa wisata menjadi ruang publik kreatif melalui pertunjukan kesenian, bazaar UMKM, dan literasi keuangan.

Selain itu juga dilakukan kegiatan pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata bertajuk Desa Wisata Kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM setempat.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengapresiasi kolaborasi dengan Adira Finance sebagai aspek bisnis dalam unsur pentahelix yang menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Sanankerto.

"Kami berharap dan yakin dengan diselenggarakannya Festival Kreatif Lokal ini mampu untuk menggarap seluruh potensi lokal yang ada, memperluas pasar produk ekraf, serta membuka peluang usaha seluas-luasnya. Manfaat dari adanya kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi berbagai pihak dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," bebernya.

Selain pihak pemerintah, penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh pihak swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES